Prima Bali

logo prima bali

Cinderamata Khas Bali yang Memikat sebagai Kenang-kenangan

Cinderamata Khas Bali yang Memikat sebagai Kenang-kenangan

Bali, pulau dewata yang terkenal dengan keindahan alamnya, budaya yang kaya, dan keramahannya, juga merupakan surga untuk pencari cinderamata. Berbagai jenis produk dan cinderamata khas Bali dapat ditemukan di seluruh pulau ini. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa cinderamata khas Bali yang dapat menjadi kenang-kenangan sempurna dari perjalanan kamu, sambil mencantumkan harga dan lokasi untuk memudahkanmu dalam berbelanja.

1. Batik Bali

Cinderamata Khas Bali, Batik Bali
Foto: Batik Bali Singa Barong (pinterest.com)

Batik adalah seni tradisional yang sangat dihargai di Bali. Batik Bali terkenal karena motifnya yang rumit dan warna-warna yang mencolok. Kamu dapat menemukan berbagai jenis barang batik, mulai dari kemeja, baju, sarung, hingga kain meteran. Harga untuk batik bervariasi tergantung pada jenis dan kualitasnya. Sebuah baju batik biasanya dapat ditemukan mulai dari sekitar Rp100.000 hingga Rp500.000, tergantung pada desain dan bahan.

Lokasi untuk Membeli Batik Bali

  • Pasar Sukawati di Gianyar: Pasar ini terkenal dengan beragam pilihan batik dan barang-barang kerajinan lainnya.
  • Pasar Ubud: Pasar seni di Ubud juga menawarkan berbagai pilihan batik dengan harga yang bersaing.

 2. Ukiran Kayu Bali

Cinderamata Khas Bali, Ukiran Kayu Bali
Foto: Ukiran Kayu Bali (pinterest.com)

Ukiran kayu adalah salah satu kerajinan tangan yang paling ikonik di Bali. Pahat-pahat kayu Bali memamerkan keahlian tangan yang luar biasa dan kerumitan detail. Kamu dapat menemukan berbagai ukiran, mulai dari patung-patung dewa dan dewi, panel dinding, hingga berbagai barang rumah tangga. Harga untuk ukiran kayu bervariasi tergantung pada ukuran dan tingkat kerumitan. Sebuah ukiran kecil dapat dibeli dengan harga sekitar Rp50.000 hingga Rp200.000, sementara ukiran besar atau yang sangat rumit dapat mencapai beberapa juta rupiah.

Lokasi untuk Membeli Ukiran Kayu Bali

  • Desa Mas, Ubud: Desa Mas dikenal sebagai pusat ukiran kayu di Bali, dan kamu akan menemukan banyak galeri dan toko yang menawarkan berbagai ukiran kayu yang indah.
  • Pasar Kumbasari di Denpasar: Pasar ini juga merupakan tempat yang baik untuk mencari ukiran kayu dengan harga terjangkau.

3. Perak Bali

Cinderamata Khas Bali, Kerajinan Perak Bali
Foto: Kerajinan Perak Bali (pinterest.com)

Perak adalah salah satu industri kerajinan tangan yang berkembang pesat di Bali. Perhiasan perak Bali terkenal dengan desain etniknya yang cantik. Kamu dapat menemukan berbagai perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, dan anting-anting. Harga perhiasan perak bervariasi tergantung pada ukuran dan tingkat kerumitan desainnya. Sebuah cincin perak dengan batu permata dapat dibeli mulai dari sekitar Rp 200.000 hingga beberapa juta rupiah.

Lokasi untuk Membeli Perak Bali

  • Jalan Raya Ubud: Jalan ini di Ubud adalah rumah bagi banyak toko perak yang menawarkan berbagai perhiasan perak dengan harga bersaing.
  • Desa Celuk: Desa ini terkenal sebagai pusat produksi perhiasan perak di Bali, dan kamu akan menemukan banyak galeri dan toko yang menawarkan perak berkualitas tinggi.

4. Wayang Kulit Bali

Cinderamata Khas Bali, Wayang Kulit Bali Kalika
Foto: Wayang Kulit Bali Kalika (pinterest.com)

Wayang kulit adalah seni teater tradisional Bali yang menggunakan boneka kulit untuk menceritakan kisah-kisah epik dari mitologi Hindu. Wayang kulit Bali adalah cinderamata yang unik dan berharga. Kamu dapat menemukan berbagai macam wayang kulit, mulai dari yang sangat kecil hingga ukuran yang lebih besar dengan harga berkisar antara Rp50.000 hingga Rp500.000 tergantung pada ukuran dan tingkat kerumitan.

Lokasi untuk Membeli Wayang Kulit Bali

Pertunjukan Wayang Kulit: Kamu dapat membeli wayang kulit langsung dari para dalang (pemain wayang kulit) setelah pertunjukan. Pertunjukan ini sering diadakan di berbagai desa di Bali.

5. Keramik Bali

Cinderamata Khas Bali, Keramik Bali
Foto: Keramik Bali (pinterest.com)

Keramik Bali sering dihiasi dengan motif-motif etnik dan warna-warna yang cerah. Kamu dapat menemukan berbagai produk keramik, termasuk piring, gelas, vas, dan patung-patung kecil. Harga produk keramik bervariasi tergantung pada ukuran dan tingkat kerumitan. Sebuah piring keramik dapat dibeli mulai dari sekitar Rp50.000 hingga Rp200.000.

Lokasi untuk Membeli Keramik Bali

Desa Pejeng: Pejeng adalah salah satu desa yang terkenal dengan produksi keramik di Bali. Kamu akan menemukan banyak toko yang menawarkan berbagai produk keramik di desa ini.

6. Kain Songket Bali

Kain Songket Bali
Foto: Kain Songket Bali (pinterest.com)

Songket adalah kain tenunan tradisional Bali yang sangat dihargai dan indah. Songket dihiasi dengan benang emas atau perak yang menciptakan motif yang memikat. Kain ini digunakan dalam berbagai pakaian adat Bali, seperti kebaya dan sarung. Selain itu, kamu juga dapat menemukan kain songket yang digunakan sebagai selimut, taplak meja, atau hiasan dinding. Harga kain songket bervariasi tergantung pada ukuran, motif, dan tingkat kerumitan tenunannya. Kain songket yang lebih sederhana dapat dibeli mulai dari sekitar Rp 300.000, sedangkan yang lebih rumit bisa mencapai beberapa juta rupiah.

Lokasi untuk Membeli Kain Songket Bali

  • Pasar Kumbasari, Denpasar: Pasar ini menawarkan berbagai kain songket dengan berbagai pilihan motif dan warna yang indah.
  • Toko Tenun di Desa Gianyar: Gianyar adalah pusat produksi kain songket di Bali, dan kamu dapat mengunjungi berbagai toko tenun untuk melihat proses pembuatan kain ini dan membeli produk berkualitas.

7. Kulit Ular Asli Bali

Kulit Ular Asli Bali
Foto: Kulit Ular Asli Bali (instagram.com/taskulitkencana)

Jika kamu mencari sesuatu yang benar-benar unik dan eksotis, kamu dapat mempertimbangkan untuk membeli barang-barang kulit ular asli Bali. Kulit ular ini digunakan untuk membuat berbagai produk seperti dompet, ikat pinggang, dan sepatu. Harga untuk produk kulit ular asli bervariasi tergantung pada jenis barang dan jenis kulit yang digunakan. Sebagai contoh, dompet kulit ular asli dapat dibeli mulai dari sekitar Rp 300.000 hingga Rp 1.500.000.

Lokasi untuk Membeli Kulit Ular Asli Bali

Pasar Sukawati, Gianyar: Pasar ini menawarkan berbagai produk dari kulit ular asli, dan kamu dapat menawar harga dengan penjual.

8. Topeng Bali

Topeng Bali SubalI the Monkey King
Foto: Topeng Bali SubalI the Monkey King (pinterest.com)

Topeng tradisional Bali adalah salah satu seni rupa yang paling khas dan terkenal di pulau ini. Topeng-topeng ini digunakan dalam berbagai upacara adat dan tari-tarian. Kamu dapat menemukan berbagai topeng, mulai dari yang kecil hingga yang besar, dengan harga berkisar antara Rp50.000 hingga Rp500.000, tergantung pada ukuran dan tingkat kerumitan.

Lokasi untuk Membeli Topeng Bali

Toko Topeng di Ubud: Ubud memiliki berbagai toko seni dan galeri yang menjual berbagai jenis topeng tradisional.

9. Kopi Bali

Kopi Bali juga merupakan salah satu cinderamata yang populer di pulau ini, dikenal dengan rasa yang lembut dan kualitas yang tinggi. Kamu dapat membeli kopi Bali dalam berbagai kemasan, mulai dari biji kopi mentah hingga kopi instan siap saji. Harga kopi Bali bervariasi tergantung pada jenis dan kemasan, dengan harga mulai dari sekitar Rp50.000 hingga Rp200.000 per kemasan.

Lokasi untuk Membeli Kopi Bali

  • Toko Kopi di Kintamani: Kintamani terkenal dengan perkebunan kopi, dan kamu dapat membeli kopi langsung dari sumbernya di sini.
  • Pasar Seni Ubud: Pasar seni di Ubud juga menawarkan berbagai kopi Bali yang berkualitas.

10. Layangan Bali

Layangan Bali
Foto: Layangan Bali (pinterest.com)

Layangan tradisional Bali adalah kenang-kenangan yang cocok untuk penggemar aktivitas luar ruangan. Layangan Bali sering dihiasi dengan motif-motif etnik yang indah. Harga layangan bervariasi tergantung pada ukuran dan tingkat kerumitan desainnya. Layangan yang lebih sederhana dapat dibeli dengan harga sekitar Rp50.000 hingga Rp100.000.

Lokasi untuk Membeli Layangan Bali

Pasar Seni Sukawati: Pasar ini menawarkan berbagai pilihan layangan tradisional Bali dengan berbagai ukuran dan desain.

Cinderamata khas Bali adalah cara yang sempurna untuk membawa pulang potongan keindahan dan budaya pulau ini. Dari batik yang berwarna-warni hingga keramik yang cantik, kamu akan menemukan berbagai produk berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau di seluruh pulau ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk berbelanja saat mengunjungi Bali dan membawa pulang kenang-kenangan yang akan mengingatkanmu akan pesona dan keramahan pulau ini.

Bali tidak hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga berbagai cinderamata khas yang dapat menjadi kenang-kenangan sempurna dari perjalananmu. Dari batik yang berwarna-warni hingga ukiran kayu yang rumit, kamu akan menemukan berbagai pilihan produk berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau di seluruh pulau ini. Jadi, jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk berbelanja saat mengunjungi Bali dan membawa pulang cinderamata yang akan mengingatkanmu akan keindahan dan budaya pulau ini.

Selamat berbelanja!