Prima Bali

logo prima bali

Destinasi Wisata Ubud Bali: Pesona Alam dan Kebudayaan Bali

Destinasi Wisata Ubud Bali: Pesona Alam dan Kebudayaan Bali

Destinasi wisata Ubud Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional. Ubud memiliki banyak destinasi wisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, sampai dengan berbagai wahana seru semua tersedia di tempat ini.

Dilansir pada laman detik.com, AA Inten Asmariati dalam jurnal Universitas Udayana, menjelaskan Ubud adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Gianyar yang terkenal sebagai daerah pariwisata selain Kuta. Ubud terkenal dengan wisata budayanya karena tidak terlepas dengan Puri Ubud yang merupakan puri kecil milik raja.

Rekomendasi Destinasi Wisata Ubud Bali

1. Monkey Forest Ubud

Wisata Ubud
Foto: Monkey Forest Ubud (instagram.com/monkeyforestsanctuaryubud)

Dilansir dari laman ubudmonkeyforst.com Monkey Forest Ubud adalah cagar alam dan kompleks candi Hindu di Ubud, Bali, Indonesia. Nama resminya adalah Suaka Hutan Kera Suci (Mandala Suci Wenara Wana), dan nama yang tertulis di tanda selamat datangnya adalah Padangtegal Mandala Wisata Wanara Wana Sacred Monkey Forest Sanctuary. Monkey Forest Ubud adalah objek wisata yang populer dan sering dikunjungi oleh lebih dari 10.000 wisatawan setiap bulannya. Monkey Forest terletak di desa Padangtegal dan merupakan desa pemiliknya. Penduduk desa memandang Monkey Forest sebagai pusat spiritual, ekonomi, pendidikan, dan konservasi yang penting bagi desa dan wilayah yang lebih luas.

2. Terasering Tegalalang

Foto: Terasering Tegalalang (maps.google.com)
Foto: Terasering Tegalalang (maps.google.com/teraseringtegalalang)

Terasering Tegalalang merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat digemari oleh wisatawan yang berkunjung ke Ubud. Pemandangan sawah yang hijau dengan susunan yang rapi dan indah akan memanjakan mata kalian.

Terasering Tegalalang berlokasi di Jalan Raya Tegallalang, Gianyar, Bali dan berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut (mdpl).

3. Pasar Seni Ubud

Destinasi Wisata Ubud Bali
Foto: Pasar Seni Ubud (maps.gogle.com/pasarseniubud)

Setelah menelusuri indahnya pesona alam di Ubud, teman-teman boleh direkomendasikan untuk mampir ke Pasar Seni Ubud. Pasar ini terletak di Jalan Raya Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

Pasar Seni Ubud menyediakan berbagai jenis perhiasan, baju, dan oleh-oleh khas Bali. Selain itu, di sini juga terdapat banyak kafe yang wajib dikunjungi untuk menikmati suasana keramaian di pasar ini.

4. Agung Rai Museum of Art (ARMA)

Bali Ubud
Foto: Agung Rai Museum of Art (ARMA) (instagram.com/arma.bali)

Museum seni Agung Rai atau lebih dikenal dengan sebutan Agung Rai Museum of Art menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh terlewatkan jika berkunjung ke Ubud. Di sini, kita bisa melihat berbagai macam koleksi karya beberapa seniman di Bali seperti I Gusti Nyoman Lempad, Ida Bagus Made, dan lain-lain. Museum ini tidak hanya menampilkan keindahan lukisan, tetapi juga terdapat pertunjukan teater, musik, dan tari. Selain itu, museum ini juga menyediakan perpustakaan, toko buku dan pastinya ruang baca untuk pengunjungnya.

5. Ayung Rafting

Foto: Ayung Rafting (instagram.com/ayungraftingubud)
Foto: Ayung Rafting (instagram.com/ayungraftingubud)

Bagi kalian yang menyukai olahraga air yang memacu adrenalin, destinasi wisata yang satu ini wajib kalian coba. Sungai ini termasuk dalam kategori sungai kelas II dan III, arung jeram di Sungai Ayung sangat cocok untuk rafter pemula atau untuk kalian yang ingin bertarung jeram dengan tenang dan menikmati pemandangan sekitar yang sangat indah. Di sekeliling sungai terdapat pemandangan berupa pepohonan hijau yang rindang, hamparan sawah dan perbukitan yang asri. Di tengah perjalanan rafting, kita akan melihat salah satu mahakarya seniman Bali berupa ukiran relief Ramayana yang diukir di tebing batu.

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata di Ubud Bali. Selain yang telah disebutkan sebelumnya, masih banyak destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi di Ubud Bali. Mulai dari pura, museum, perbukitan, hingga berbagai wahana yang menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali. Dari berbagai destinasi wisata yang sudah dijabarkan tadi, kira-kira kalian mau kemana, nih?