Prima Bali

logo prima bali

Hidden Paradise: Nusa Penida Island

Hidden Paradise: Nusa Penida Island

Nusa Penida Island
Foto: Nusa Penida Island (wikipedia.org)

Nusa Penida Island adalah sebuah pulau bagian yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekat pulau ini terdapat juga pulau-pulau kecil lainnya yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Nusa Penida terkenal dengan keindahan alam bawah laut serta keindahan alam yang eksotik.

Terumbu karang di wilayah Nusa Penida berjenis karang tepi (fringing reef) dengan jumlah sekitar 296 jenis. Luas terumbu karang di perairan sekitar Nusa Penida kurang lebih 1.419 hektare. Nusa Penida juga merupakan daerah tujuan pariwisata spiritual khusus bagi umat Hindu di seluruh Nusantara.

Tempat-tempat yang biasa digunakan untuk wisata spiritual, yaitu Pura Goa Giri Putri, Pura Batu Medau, Pura Puncak Mundi, maupun Pura Penataran Ped. Obyek wisata terkenal di Nusa Penida yaitu Kelingking Beach, Broken Beach, Angel Billabong, Pantai Atuh, Diamond Beach, Rumah Pohon, Crystal Bay, Devil Tears’s, Jembatan Kuning, wisata mangrove, dll.

Biaya dan cara menuju Nusa Penida ada beberapa tempat yang dapat dilakukan untuk menyebrang menuju Kepulauan Nusa Penida. Tempat penyeberangan menuju Nusa Penida, yaitu Sanur dan Kusamba, dekat Padang Bai.

Penyeberangan dari Sanur menempuh waktu sekitar 30 menit, sedangkan perjalanan dari Kusamba akan menempuh waktu sekitar 15 menit. Ada beberapa pilihan pelabuhan tujuan di Nusa Penida, yaitu Banjar Nyuh dan Sampalan. Kapal pertama berangkat sekitar pukul 07.00 WITA dan kapal terakhir sekitar pukul 05.00 WITA.

Untuk biaya penyeberangan dari Sanur berkisar Rp75.000 untuk orang Indonesia dan Rp150.000 untuk turis asing. Sedangkan, harga tiket penyeberangan dari Kusamba sekitar Rp50.000 untuk orang Indonesia dan Rp100.000 untuk turis asing.

Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mengunjungi Nusa Penida

1. Tidak perlu membawa koper saat pergi berkunjung ke Nusa Penida

Apalagi jika kamu hanya berkunjung satu hari tanpa menginap! Karena tempat di dalam kapal ke Nusa Penida sangat terbatas dan kamu mungkin akan diminta membayar satu kursi lagi jika membawa barang banyak, apalagi koper besar.

2. Nusa Penida terbagi menjadi tiga area wisata, yaitu Timur, Barat, dan Selatan

Beberapa tempat wisata paling terkenal di Nusa Penida, yakni Crystal Bay, Angel’s Billabong dan Broken Beach, serta Kelingking Beach, terletak di bagian barat Nusa Penida.

Sementara di bagian timur Nusa Penida, kamu bisa berkunjung ke Bukit Teletubbies, Thousand Island, Tree House, Diamond Beach, dan Pantai Atuh. Untuk area selatan Nusa Penida Bali, tempat wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Tembeling Beach, Banah Cliff, Thousand Island, dan Kelingking Beach.

3. Pastikan kamu telah memiliki transportasi di Nusa Penida sebelum pergi ke sana

Tidak ada transportasi umum di Nusa Penida, jadi satu-satunya cara kamu bisa bepergian di sana adalah dengan transportasi pribadi, mengikuti tour, atau  berjalan kaki (sangat tidak disarankan). Kamu bisa menyewa motor setelah turun dari kapal ke warga lokal yang sering berkumpul dan menawarkan motor mereka di sekitar dermaga.

Tetapi kami lebih menyarankan kamu menyewa kendaraanmu terlebih dahulu sebelum kami tiba di Nusa Penida. Pertama, kamu mendapatkan kepastian bahwa akan ada kendaraan yang menunggumu setelah kamu turun dari kapal. 

Kedua, kamu bisa memilih kendaraanmu,kamu bisa memilih jenis motor yang ingin kamu sewa. Ketiga, kamu tahu harga yang harus kamu bayarkan dan tidak harus tawar menawar dengan sengit di tempat!

Wisata Populer di Nusa Penida Island

1. Kelingking Beach

Nusa Penida Island, Kelingking Beach
Foto: Kelingking Beach (maps.google.com/kelingking beach)

Dengan pemandangan fantastis dari ketinggian ke pantai dan tebing yang berbentuk seperti tangan atau seperti dinosaurus, Kelingking Beach begitu populer di kalangan wisatawan yang senang berburu foto-foto Instagrammable.

Ada tangga yang akan membawamu turun hingga ke pantai yang ada di bagian bawah tebing, tetapi bersiaplah menghabiskan banyak energi karena turunan di sini yang sangat curam dan anak tangga yang sangat banyak.

2. Angel’s Billabong & Broken Beach

Nusa Penida Island, Angel's Billabong
Foto: Angel’s Billabong (maps.google.com/angel’sbillabong)

Angel’s Billabong adalah sebutan untuk sebuah “kolam” alam yang terbuat di antara batu-batu karang, dengan warna air yang sangat jernih dan membiru saat memantulkan sinar matahari.

Kamu bahkan bisa turun dan berenang di sini jika sedang surut, tetapi hati-hati karena tangga dan dasar kolam adalah berupa karang sehingga cukup tajam. Jangan terlalu jauh juga berjalan di Angel’s Billabong karena pada ujungnya adalah tebing cukup tinggi yang langsung menghadap ke laut, dan ombak di sini cukup besar.

Sementara Broken Beach adalah pantai yang tidak bisa kamu kunjungi karena berada di bawah tebing tanpa ada tangga untuk pergi ke sana. Tetapi tempat ini sangat terkenal karena lubang besar di salah satu bagian tebing yang membuatnya sangat unik.

3. Crystal Bay 

Nusa Penida Island, Crystal Bay
Foto: Crystal Bay (maps.google.com/crystalbay)

Crystal Bay adalah tempat wisata yang relatif paling mudah dikunjungi di Nusa Penida: selain jalanannya yang sudah bagus beraspal ke sana, lokasinya juga yang paling dekat dengan dermaga Nusa Penida Bali.

Pantai ini juga menyenangkan untuk dikunjungi karena pantainya relatif bersih dan pasirnya juga lembut. Sesuai namanya, air laut di Crystal Bay cukup jernih sehingga cocok untuk menjadi tempat snorkeling.

4. Diamond Beach

Diamond Beach
Foto: Diamond Beach (maps.google.com/diamondbeach)

Diamond Beach merupakan salah satu pantai di Nusa Penida Bali bagian timur. Seperti di Kelingking Beach, pantai ini juga punya pemandangan yang luar biasa indah dari ketinggian! Kamu pun harus menuruni tangga di sisi tebing untuk bisa sampai ke pantainya, dan pasir pantainya benar-benar lembut dan menyenangkan untuk menikmati laut.

5. Thousand Islands Viewpoint

Thousand Islands Viewpoint
Foto: Thousand Islands Viewpoint (maps.google.com/thousandislandsviewpoint)

Thousand Islands Viewpoint memiliki pemandangan unik tebing-tebing besar yang berdiri terpisah di tengah laut layaknya pulau-pulau kecil. Benar-benar indah, dan tidak heran tempat ini juga jadi favorit banyak wisatawan untuk mengambil foto.

6. Manta Point 

Manta Point
Foto: Manta Point (maps.google.com/mantapoint)

Manta Point adalah lokasi di mana Manta Ray atau Ikan Pari Manta berenang-renang tak jauh dari Pulau Nusa Penida. Di sini, kamu bisa berenang bersama jenis ikan pari terbesar di dunia ini!

Jika kamu beruntung, kamu bahkan bisa bertemu dengan ikan Mola Mola yang sangat unik dan misterius! Ikan ini cukup unik bagi Bali dan Nusa Penida karena relatif sering bisa ditemui di laut sekitar Nusa Penida dan Nusa Lembongan, termasuk di Manta Point.