Prima Bali

logo prima bali

Pantai Melasti, Pesona Eksotis di Tengah Bukit Kapur

Pantai Melasti, Pesona Eksotis di Tengah Bukit Kapur

Keindahan Alam Bali tidak perlu di ragukan lagi, mulai dari pegunungan hingga pantai yang sangat memanjakan mata. Selain Pantai Kuta, yang terkenal hingga ke mancanegara, Bali juga menawarkan destinasi pantai yang tidak kalah eksotisnya yaitu Pantai Melasti.

Profil Pantai Melasti

Profil Pantai Melasti
Foto: Profil Pantai Melasti (maps.google.com/melastibeach)

Pantai Melasti terletak di desa Ungasan yang termasuk wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung yang mempunyai sebuah potensi sumber daya alam  yang ditunjang oleh sarana prasarana yang ada. Desa Ungasan adalah desa yang berbukit, terletak kurang lebih 4 Km dari Kecamatan Kuta Selatan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dengan kendaraan umum. Kemudian 34 Km dari Ibu Kota Provinsi.

Kondisi geografis wilayah pantai hampir serupa dengan Pantai Pandawa yakni memiliki tebing kapur, sehingga wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan bukit kapur sebelum sampai di bibir pantai. Pantai ini memiliki potensi alam, potensi budaya dan potensi manusia. 

Akses menuju pantai ini juga tidak terlalu sulit. Traveler bisa mengendarai sepeda motor atau mobil, dan menggunakan aplikasi peta untuk menuju lokasi. Jika kamu mengunjungi Pantai ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar untuk orang dewasa Rp 10.000 dan anak kecil Rp 3.000. Selain tiket masuk, pengunjung juga dikenakan biaya parkir. Adapun biaya parkir motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Sedangkan, untuk kendaraan besar seperti bus atau truk biaya parkirnya Rp 10.000.

Pantai Melasti sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang. Seperti pemandian umum yang bersih dan parkiran yang tertata rapi. Biasa menjadi jujukan foto prewedding, juga dilengkapi dengan fasilitas wedding dressing room. Ruangan ini dilengkapi kaca dan kamar kecil untuk berganti pakaian. Traveler juga tak perlu khawatir kelaparan saat mengunjungi Pantai Melasti. Sebab, sudah banyak pedagang makanan dan minuman yang menjajakan dagangannya di sini.

Makna Pantai Melasti

Pantai Melasti menerapkan konsep harmonisasi Tri Hita Karana, yang artinya hubungan harmonis untuk mencapai kebahagiaan. Yaitu hubungan manusia dengan Tuhan (parahyangan), manusia dengan sesama (pawongan), dan manusia dengan alam (palemahan). Pantai ini berlokasi di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Jarak tempuh dari Bandara I Gusti Ngurah Rai kurang lebih sekitar 39 menit.

Pantai ini merupakan salah satu pantai di daerah Bali Selatan yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan fisik. Pantai ini diberikan nama “Melasti” karena pantai ini digunakan sebagai tempat untuk kegiatan upacara melasti / penyucian diri oleh warga sekitar yang biasanya dilakukan menjelang perayaan hari raya Nyepi di Bali. Tidak seperti pantai Pandawa yang selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan mapun pengunjung tiap harinya. Hal ini dapat dilihat dari belum tersedianya fasilita-fasilitas yang lengkap dan ada beberapa fasilitas dalam tahap pembuatan.

Nama Pantai Melasti ini diambil dari kebiasaan masyarakat setempat yang kebanyakan beragama Hindu melakukan upacara Melasti atau pembersihan di pantai ini. Melasti menjadi salah satu jenis upacara adat masyarakat Hindu yang dilakukan sebelum hari raya Nyepi. Pantai Melasti juga menjadi tempat upacara Melasti bagi warga. 

Awalnya pantai ini terletak di pantai ini terletak dibalik tingginya bukit kapur hingga membuat pantai ini jarang terjamah oleh wisatawan. Pantai ini mulai dikenal masyarakat luas setelah pembangunan akses jalan menuju pantai ini. Proses pembuatan jalan menuju pantai ini pun tergolong sulit karena harus membelah bukit kapur yang menjulang tinggi. Setelah dilakukan rekonstruksi membuat kawasan wisata pantai ini terlihat lebih indah. Pantai Melasti memiliki akses jalan yang cukup menantang adrenalin, karena lokasinya yang berasa di balik bukit.

Aktivitas Menarik di Pantai Melasti

1. Berenang

Dikenal dengan lautnya yang biru jernih dengan hamparan pasir putihnya yang bersih tentunya wisatawan akan tergoda untuk berenang dan bermain pasir di tepi pantai. Ombak di Pantai Melasti cukup tenang sehingga kamu masih bisa berenang di pantai ini.

2. Snorkeling

Jika kamu ingin melihat keindahan kehidupan bawah laut di Pantai Melasti, kamu juga bisa melakukan snorkeling di pantai ini. Kamu bisa menyewa perlengkapan snorkeling di kawasan pantai atau membawa peralatan snorkeling milik pribadi.

3. Kuliner

Untuk kamu pecinta kuliner seafood, kamu juga menikmati berbagai kuliner di tempat makan tepatnya di tepi pantai. Terdapat beragam menu yang mereka tawarkan mulai dari makanan berat sampai hidangan untuk bersantai. Harga yang ditawarkan masih cukup terjangkau, jadi jangan khawatir kamu akan kekurangan budget.

Spot Foto Menarik di Pantai Melasti

Spot Foto Menarik di Pantai Melasti
Foto: Spot Foto Menarik di Pantai Melasti (maps.google.com/melastibeach)

1. Tepi Pantai

Di tepi pantai, kamu bisa menikmati sunset jika kamu datang di sore hari dan sunrise jika kamu datang di pagi hari. Momen ini dapat kamu abadikan dengan menggunakan kamera karena keindahannya tidak dapat kamu lewati.

2. Jalan Berliku

Sebelum sampai ke Pantai Melasti, kamu akan melewati jalanan yang berliku yaitu Jalanan Hotmix yang membelah bukit kapur. Di tempat ini bisa dijadikan sebagai foto pemandangan estetik kamu, namun kamu perlu berhati-hati ya karena jalan ini merupakan akses masuk ke kawasan pantai sehingga banyak lalu lalang kendaraan

3. Bangunan Pura 

Bangunan pura yang terletak di sekitar Pantai Melasti dijadikan sebagai tempat upacara kegamaan seperti upacara melasti yang dilakukan sebelum hari raya Nyepi. Kamu bisa mengambil keindahan bangunan pura ini sebagai memori saat berkunjung ke sini.

Menonton Tari Kecak di Melasti

Menonton Tari Kecak di Melasti
Foto: Menonton Tari Kecak di Melasti (website.pantaimelasti.com)

Seni pertunjukan tari tradisional Bali ada banyak, namun yang selalu menjadi favorit wisatawan adalah tari Kecak dan tari Barong. Ada banyak lokasi di mana wisatawan dapat menonton tari kecak, seperti:

Selain itu, saat ini sudah ada pertunjukan tari Kecak di Pantai Melasti.

Di area Pura Uluwatu, tarian kecak dengan api dipentaskan setiap hari. Harga tiket untuk menonton tari Kecak di Pura Uluwatu adalah Rp 150.000 jika kamu membelinya langsung. Jika kamu ingin mendapatkan harga lebih murah, disarankan untuk membeli tiket Kecak Uluwatu secara online.

Untuk saat ini, pertunjukan tari Kecak di Melasti hanya tersedia pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Harga tiket untuk menonton tari Kecak di Melasti jika kamu membelinya di lokasi adalah Rp 150.000 per orang.

Tema tari Kecak di Pantai Melasti mengambil cerita Ramayana. Cerita Ramayana yang diambil adalah saat Rama menyerang Alengka untuk menyelamatkan istrinya, Dewi Sita, yang diculik oleh Rahwana. Selain itu, dalam penyerangan Alengka, Rama juga dibantu oleh adiknya, Laksmana, dan Hanuman.

Lebih lanjut, waktu pertunjukan tari Kecak Melasti Ungasan adalah pukul 18:00 – 19:00 dengan durasi pertunjukan sekitar 1 jam. Jadi, hampir sama dengan pertunjukan tari Kecak dengan api di Pura Uluwatu, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *