Prima Bali

logo prima bali

Pura Sad Kahyangan: Cerminan Agama Hindu dan Budaya Bali

Pura Sad Kahyangan: Cerminan Agama Hindu dan Budaya Bali

Bali, sebuah pulau indah di Indonesia, tidak hanya dikenal dengan keindahan pantainya yang menakjubkan dan budayanya yang kaya, tetapi juga sebagai rumah bagi berbagai tempat suci Hindu yang dikenal sebagai Pura. Di antara ribuan pura yang tersebar di seluruh pulau, Pura Sad Kahyangan adalah yang paling penting dan melambangkan hierarki spiritual dalam agama Hindu Bali.

Arti dan Konsep Pura Sad Kahyangan

Istilah “Sad Kahyangan” dalam bahasa Bali secara harfiah berarti “sembilan tempat suci,” yang merujuk pada sembilan lokasi pura utama yang memiliki peran penting dalam agama Hindu Bali. Konsep Pura Sad Kahyangan mencerminkan tingkat spiritualitas dan hierarki dalam agama ini. Pura-pura ini diberi tingkat sesuai dengan tingkat kepentingan dan peran mereka dalam ritual keagamaan.

Pura-Pura Utama dalam Pura Sad Kahyangan

1. Pura Besakih

Pura Sad Kahyanga
Foto: Pura Besakih (maps.google.cpm/purabekasih)

Pura Besakih adalah pura tertinggi dan paling suci dalam Pura Sad Kahyangan. Terletak di lereng Gunung Agung, pura ini dianggap sebagai “ibu” dari semua pura di Bali. Pura Besakih digunakan untuk upacara besar dan perayaan penting dalam agama Hindu Bali, seperti Eka Dasa Rudra.

2. Pura Lempuyang Luhur

Pura Sad Kahyanga
Foto: Pura Lempuyang Luhur (maps.google.com/puralempuyanluhur)

Terletak di Gunung Lempuyang, pura ini dikenal karena gerbangnya yang terkenal dengan latar belakang Gunung Agung yang megah. Pura Lempuyang Luhur adalah salah satu pura paling banyak dikunjungi di Bali dan sering disebut sebagai “Gerbang Surga.”

3. Pura Luhur Uluwatu

Pura Sad Kahyanga
Foto: Pura Uluwatu (maps.google.com/purauluwatu)

Terletak di ujung selatan Bali, Pura Uluwatu adalah salah satu pura pantai yang paling terkenal. Pura ini terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler dan tari Kecak yang ditampilkan di teater alam terbuka di sana.

4. Pura Goa Lawah

Foto: Pura Goa Lawah (maps.google.com/puragoalawah)
Foto: Pura Goa Lawah (maps.google.com/puragoalawah)

Pura ini terkenal karena gua yang ditempati oleh ribuan kelelawar. Goa Lawah adalah salah satu pura yang paling unik di Bali dan sering dikunjungi oleh para peziarah.

5. Pura Batukaru

Foto: Pura Batukaru (maps.google.com/purabatukaru)
Foto: Pura Batukaru (maps.google.com/purabatukaru)

Terletak di pegunungan, Pura Batukaru dikelilingi oleh hutan hujan yang lebat. Pura ini adalah tempat suci bagi dewa pertanian dan alam, dan digunakan untuk berbagai upacara keagamaan.

6. Pura Pusering Jagat

Foto: Pura Pusering Jagat (http://diparda.gianyarkab.go.id/)
Foto: Pura Pusering Jagat (http://diparda.gianyarkab.go.id/)

Pura ini terletak di perbukitan timur Bali dan dianggap sebagai penyeimbang energi dan kekuatan alam.

7. Pura Ulun Danu Batur

Foto: Pura Ulun Danu Batur (maps.google.com/puraulundanubatur)
Foto: Pura Ulun Danu Batur (maps.google.com/puraulundanubatur)

Pura Ulun Danu Batur merupakan Pura Kahyangan yang berada di sebelah utara Pulau Bali. Pura ini merupakan stana Dewa Wisnu sebagai penguasa utara. Tempat suci ini juga merupakan kompleks pura terpenting kedua di Bali setelah pura terbesar yaitu Pura Besakih.

8. Pura Andakasa

Foto: Pura Andakasa (maps.google.com/puraandakasa)
Foto: Pura Andakasa (maps.google.com/puraandakasa)

Pura ini adalah tempat suci bagi dewa pertanian dan alam. Terletak di dekat Pura Besakih, Andakasa adalah tempat suci yang penting dalam upacara pertanian.

9. Pura Puncak Mangu

Foto: Pura Puncak Mangu (maps.google.com/purapuncakmangu)
Foto: Pura Puncak Mangu (maps.google.com/purapuncakmangu)

Pura Puncak Mangu terletak di sebelah barat laut Pulau Bali. Pura Puncak Mangu merupakan stana Dewa Sangkara sebagai penguasa arah barat laut. Tempat suci ini dibangun oleh I Gusti Agung Putu yang merupakan salah seorang pendiri kerajaan Mengwi.

Fungsi dan Upacara Pura Sad Kahyangan

Pura Sad Kahyangan digunakan untuk berbagai upacara keagamaan, termasuk pemujaan dewa-dewi Hindu, yajna (ritual penyembelihan), dan perayaan Hari Raya Hindu seperti Galungan dan Kuningan. Pura-pura ini juga menjadi lokasi upacara pernikahan, penyucian, dan pembaptisan yang penting bagi masyarakat Hindu Bali.

Arsitektur pura di dalam Pura ini mencerminkan kosmologi Hindu dan hierarki spiritual. Setiap pura memiliki gerbang utama yang megah, pelataran, candi, dan tempat-tempat suci yang berisi pralingga, yang merupakan simbol dewa tertinggi dalam agama Hindu Bali. 

Selain berfungsi sebagai tempat suci, pura-pura ini sering ditemukan di lokasi alam yang indah, seperti gunung dan pantai. Tempat-tempat ini dianggap suci dalam kepercayaan Hindu Bali, dan mereka juga digunakan sebagai tempat pemujaan alam dan gunung suci yang dianggap memiliki kekuatan spiritual.

Pura Sad Kahyangan adalah inti dari kehidupan keagamaan dan budaya masyarakat Hindu Bali. Mereka mencerminkan kompleksitas dan kedalaman agama Hindu di pulau ini serta peran pentingnya dalam membentuk identitas budaya Bali. Bagi wisatawan yang mengunjungi Bali, mengalami Pura Sad Kahyangan adalah cara yang luar biasa untuk merasakan spiritualitas dan warisan budaya yang kaya di pulau ini.