Prima Bali

logo prima bali

Tempat Wisata Bali Selain Pantai yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Bali Selain Pantai yang Wajib Dikunjungi

Liburan menjadi salah satu hal didambakan orang-orang setelah penat dengan aktivitas harian. Bali menjadi salah satu destinasi pulau untuk liburan terpopuler di Indonesia. Salah satu yang memukau para wisatawan adalah pantai Bali yang sangat indah dan beragam. Namun, sudahkah kalian mencoba wisata lain selain pantai? Ada banyak tempat wisata yang cocok untuk liburan keluarga ataupun untuk menenangkan diri sendiri. Berikut beberapa tempat wisata Bali selain pantai yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata Bali Selain Pantai yang Wajib Dikunjungi

1. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Tempat Wisata Bali Selain Pantai
Foto: Garuda Wisnu Kencana (instagram.com/gwkbali)

Ini adalah patung Wisnu yang sedang duduk di atas burung Garuda yang besar. Tempat ini juga memiliki teater dan zona budaya Bali yang menarik. Mengutip kc.umn.ac.id, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park (GWK Cultural Park) menjadi sebuah taman budaya yang digagas I Nyoman Nuarta pada tahun 1998. GWK memiliki patung Garuda Wisnu Kencana dengan tinggi 120 meter yang berdiri sejak 22 September 2018 dan menggambarkan Wisnu yang sedang menunggangi Garuda.

Fasilitas yang ada di sana juga sangat menarik mulai dari Lotus Pond, Plaza Garuda, Plaza Wisnu, Indraloka Garden, Street Theater, Plaza Kura-kura, Tirtha Agung, dan masih banyak lagi pertunjukan-pertunjukan seperti Tari Kecak, Tari Legong, Dll.

2. Pura Uluwatu

Tempat Wisata Bali Selain Pantai
Foto: Pura Uluwatu (maps.google.com/purauluwatu)

Pura Uluwatu adalah salah satu dari enam pura utama di Bali. Terletak di tebing yang menghadap ke laut, pura ini menawarkan pemandangan indah dan juga terkenal dengan pertunjukan tari Kecak di sore hari. Daya tarik Pura Uluwatu bagi wisatawan tidak lain berasal dari berbagai keunikan yang dimilikinya. Salah satu keunikan Pura Uluwatu adalah lokasinya yang terletak di atas tebing dengan pemandangan ke arah samudera. Selain itu, kawasan Pura Uluwatu juga masih asri, dengan hutan yang masih dihuni oleh kelompok kera yang kerap berkeliaran di kawasan pura.

Sebagai salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Bali, Pura Uluwatu dikenal dengan pemandangan matahari terbenam yang indah. Sehingga waktu terbaik untuk menikmati pemandangan Pura Uluwatu adalah dengan menatap siluetnya ketika matahari terbenam. Tak heran jika kemudian Pura Uluwatu disebut sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset di Bali. Selain itu, di kawasan Pura Uluwatu juga terdapat hutan yang dihuni kawanan monyet serta sebuah area yang menjadi lokasi pertunjukan tari kecak. Pertunjukan tari kecak di Pura Uluwatu menjadi salah satu atraksi populer di Pulau Dewata.

3. Pura Luhur Lempuyang

Foto: Pura Luhur Lempuyang (maps.google.com)
Foto: Pura Luhur Lempuyang (maps.google.com/puraluhurlempuyang)

Terletak di lereng Gunung Lempuyang, pura ini terkenal dengan Gerbang Surga (Gate of Heaven) yang ikonik, yang menawarkan pemandangan spektakuler. Ini yang menjadi favorit pengunjung ketika mengunjungi Pura Lempuyang. Yakni sebuah gerbang dengan tampilan keindahan alam yang menakjubkan ditambah dengan gagahnya Gunung Agung.

Pengunjung dapat berfoto di gerbang tersebut dengan bantuan juru foto setempat, hingga menghasilkan foto yang kece dan eye catching banget. Dengan keindahan panorama yang dimilikinya wajarlah jika gerbang tersebut dijuluki Gates of Heaven.

4. Taman Burung Bali (Bali Bird Park)

Tempat Wisata Bali Selain Pantai
Foto: Taman Burung Bali (Bali Bird Park) (instagram.com/balibirdparkofficial)

Tempat ini merupakan rumah bagi berbagai jenis burung eksotis dari seluruh dunia. Ini adalah tempat yang bagus untuk penggemar burung. Di Bali Bird Park, kita bisa merasakan sensasi berjalan-jalan di antara burung-burung yang berasal dari Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, Papua, Amerika Selatan hingga Afrika Selatan. Anda akan menyaksikan 250 spesies burung yang hidup sesuai habitatnya, di mana mereka makan dan berkembang biak.

5. Taman Nusa

Foto: Taman Nusa (instagram.com/tamannusa)
Foto: Taman Nusa (instagram.com/tamannusa)

Ini adalah taman budaya yang menampilkan replika desa-desa dan budaya dari seluruh Indonesia. Ini adalah tempat yang baik untuk memahami keragaman budaya di Indonesia.

Lebih lanjut, objek wisata Taman Nusa Bali adalah sebuah taman budaya yang di fokuskan pada budaya Indonesia. Selain itu, di taman budaya ini terdapat begitu banyak informasi yang akan didapatkan oleh pengunjung. Sebagian besar mengenai kebudayaan dari berbagai suku yang ada di Indonesia.

Dalam penyediaan informasi kebudayaan dari berbagai suku dan etnis di Indonesia, Taman Nusa Bali menyediakan informasi secara atraktif dan interaktif. Dengan tujuan mempermudah pengunjung dalam memahami informasi kebudayaan Indonesia.

6. Museum Pasifika

Foto: Museum Pasifika (maps.google.com/museumpasifika)
Foto: Museum Pasifika (maps.google.com/museumpasifika)

Museum ini menampilkan seni dan budaya dari berbagai negara Pasifik, termasuk Indonesia, Polinesia, dan Melanesia.Museum Pasifika menyatukan karya seni dari wilayah Pasifik dan Asia Tenggara di dalam satu bangunan. Menampilkan karya seni dari kepulauan Indonesia, khususnya berasal dari Pulau Bali.
Walaupun terbilang baru dibanding museum lainnya di Bali, Museum Pasifika memiliki ratusan koleksi karya seni dari seluruh kawasan Asia Pasifik.

Misinya adalah melestarikan keberagaman tradisi dari masyarakat itu sendiri serta untuk menyandingkan karya-karya penting abad 20. Hal ini tidak hanya menyalurkan pandangan seniman asing yang datang, tetapi juga sebagai peleburan budaya yang berasal dari pertukaran tersebut.

7. Pulau Serangan (Turtle Island)

Foto: Pulau Serangan (Turtle Island) (maps.google.com/pulauserangan)
Foto: Pulau Serangan (Turtle Island) (maps.google.com/pulauserangan)

Saat di Pulau Serangan, anda dapat mengunjungi Pantai berpasir putih di Nusa Serangan yang terletak di sebelah selatan, melewati kawasan Bali Turtle Island Development. Selain itu, berada di pantai ini anda juga dapat bermain-main atau melakukan watersport, seperti snorkeling, parasailing, water ski, jetski, banana boat, dan banyak lagi. Meskipun tidak selengkap wisata bahari yang ada di Tanjung Benoa, namun di Pulau Serangan juga sudah cukup memanjakan anda para pecinta wisata air.

Hal yang paling menarik yang dapat dilakukan ketika berlibur di Serangan adalah mengunjungi tempat konservasi penyu. Kita semua pastinya tahu bahwa penyu ini keberadaannya perlu untuk dijaga, maka dari itu terdapat balai konservasi di Pulau Serangan Denpasar.

Terdapat 3 jenis penyu yang ditangkar disini, yaitu penyu hijau, sisik, dan lekang. Di balai konservasi ini terdapat kegiatan-kegiatan yang dilakukan seperti merelokasi telur penyu di pantai dan dibawa ke tempat penangkaran untuk ditetaskan, kemudian setelah menetas, penyu yang berupa tukik ini akan dikembalikan ke habitatnya. Kita dapat menyaksikan secara langsung pelepasan tukik-tukik ke laut.

Itu dia rekomendasi tempat wisata Bali selain Pantai yang wajib dikunjungi. Tertarik untuk berlibur ke Bali tapi bingung cari agen yang terpercaya? Hubungi Prima Bali, Tour Service terbaik di Bali. Nikmati pantai, budaya, petualangan, dan romansa Bali bersama kami.