Prima Bali

logo prima bali

Ini Dia Pusat Kuliner Khas Bali yang Harus Dikunjungi

Ini Dia Pusat Kuliner Khas Bali yang Harus Dikunjungi

Pusat Kuliner Khas Bali
Foto: Pusat Kuliner Khas Bali (maps.google.com)

Terkadang, keindahan sebuah destinasi tak hanya terletak pada pemandangan alamnya, tetapi juga dalam setiap gigitan kenikmatan dari hidangan khasnya. Bali, pulau yang dikenal dengan panorama alamnya yang memukau, tidak hanya memanjakan mata, tetapi juga lidah para pengunjungnya.

Dibalik gemerlapnya kebudayaan dan ritual adat, tersimpan ragam kuliner autentik yang tak kalah memukau. Mari kita nikmati perjalanan kuliner yang memikat di Pulau Dewata ini, melalui rekomendasi tempat-tempat istimewa yang menyajikan pusat kuliner khas Bali, memanjakan indera dan mengajak kita merasakan kelezatan bumi surgawi ini sebelum mengunjungi destinasi indah lainnya.

Pusat Kuliner Khas Bali yang Harus Dikunjungi

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Pusat Kuliner Khas Bali Nasi Ayam Kedawetan Ibu Mangku
Foto: Nasi Ayam Kedawetan Ibu Mangku (maps.google.com)

Warung dengan menu Nasi Campur Ayam ini udah hits dari tahun 1963, dengan konsep yang cukup unik dengan ada bale-bale dimana kamu bisa menikmati menu makanan sambil duduk lesehan. Menjadi salah satu 7 kuliner terbaik di Denpasar, rupanya Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku telah berdiri sejak tahun 1970 dan memakai resep aslinya sejak dulu hingga sekarang.

Maka, tidak mengherankan apabila kualitas Nasi Ayamnya tidak berubah sama sekali. Bagi orang-orang yang sudah mencicipinya bahkan sampai memberikan komentar bahwa seseorang belum ke Bali bila belum bertandang untuk mencicipi Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku.

Hal ini rupanya disebabkan oleh para turis yang selalu mencari kuliner dengan menu Nasi Ayam setiap kali mengunjungi Bali. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku bisa dibilang merupakan salah satu pelopornya, terlebih di Denpasar.

Untuk menu lengkapnya kamu bakal dapet: Nasi putih , Ayam (dengan pilihan bumbu garang asem atau betutu), ayam suwir, sate lilit ayam, pepes ayam urap, ongseng ati ampela, kacang goreng, sayur buncis potong dan telur. 

Dengan harga cuman Rp25.000 

Warung Mak Beng

Pusat Kuliner Khas Bali Warung Mak Beng
Foto: Warung Mak Beng (maps.google.com)

Warung Mak Beng didirikan oleh Ni Ketut Tjuki dan suaminya I Putu Gede Wirya (Nyoo Tik Gwan) sejak 1941. Prakarsa sambal Mak Beng dipelopori oleh mertua Mak Beng dan menjadi khas sejak warung ini berdiri.

Warung Mak Beng menjadi salah satu warung legendaris di Bali yang beralamat di Jalan Hang Tuah No. 45, Sanur, Denpasar. Sebelum menjadi incaran turis lokal dan asing di Bali, warung makan ini lebih dikenal sebagai tempat mangkalnya sopir bemo.

Warung Mak Beng menawarkan menu andalan, yakni sup kepala ikan dan ikan goreng. Ikan yang digunakan tergantung ketersediaan seperti ikan tongkol, kakap, tenggiri, atau ikan. Ikan tersebut merupakan hasil tangkapan nelayan lokal di daerah Sanur maupun wilayah Bali lainnya.

Kelezatan ikan goreng di sini terletak pada teksturnya yang garing di luar. Tapi bagian dalam ikannya tetap lembut dan tidak keras sama sekali. Teksturnya kokoh tanpa aroma anyir. Apalagi dipadukan dengan sambal terasi khas Mak Beng yang bikin nagih.

Terakhir, sup ikannya yang menjadi pelengkap di Warung Mak Beng. Supnya dimasak dengan bumbu-bumbu tradisional Bali yang membuat cita rasanya tidak amis sama sekali.

Di dalam supnya dicampur dengan belimbingwuluh dan mentimun. Untuk harga menu MakBeng, satu porsi hidangan dijual dengan harga Rp55.000/paket, belum termasuk minuman.

Jam buka warung ini setiap hari mulai pukul 08.00-22.00 WITA. Waktu paling ramai untuk mengunjungi salah satu pusat kuliner khas Bali ini dari pukul 14.00-19:00 WITA. Kamu harus menghindari jam tersebut agar tidak terlalu antre.

Warung Nasi Ayam Bu Oki

Pusat Kuliner Khas Bali Warung Nasi Ayam Bu Oki Jalan Raya Tuban
Foto: Warung Nasi Ayam Bu Oki Jalan Raya Tuban (maps.google.com)

Nasi Ayam Ibu Oki ini menyuguhkan nasi campur ayam dengan cita rasa bumbu khas Bali. Isinya terdiri dari nasi putih, sayur urap, ayam betutu, kacang, sate lilit, dan sambal matah.

Makanan di Warung Ibu Oki memiliki level rasa pedas dan cita rasa gurih yang kentara pada setiap lauknya sehingga menambahkan kenikmatan nasi campur Ibu Oki. Sensasi pedas ini berasal dari sambal matah yang selalu disajikan segar setiap harinya.

Warung Nasi Ayam Bu Oki ini telah memiliki beberapa cabang di Bali. Adapun berikut daftar lokasi cabang Warung Nasi Ayam Bu Oki di Bali sebagai berikut:

  • Warung Nasi Ayam Ibu Oki Jimbaran – jl. Uluwatu II, Celagi Basur No. 3Y, Jimbaran
  • Warung Nasi Ayam Ibu Oki Nusa Dua – jl. Siligita No. 27, Nusa Dua, Benoa, Bali
  • Warung Nasi Ayam Ibu Oki Ungasan – jl. Uluwatu St No.44 Ungasan, Uluwatu
  • Warung Nasi Ayam Ibu Oki Kuta/Tuban – jl. Raya Tuban No. 3 Kuta
  • Warung Nasi Ayam Ibu Oki Sanur – jl. By Pass Ngurah Rai No. 157, Sanur
  • Rase Base Sunset Road by Warung Nasi Ayam Bu Oki – jl. Sunset Road,   Kuta.

Bagi kamu yang ingin menyantap sepiring nasi campur yang populer ini, kamu dapat datang ke Warung Nasi Ayam Bu Oki dari pagi hari karena warung ini buka pada jam 08.00-20.00 WITA.

Jam buka ini berlaku sama untuk seluruh cabang dan bisa juga dipesan secara online  Untuk satu porsi nasi campur komplit Bu Oki,  hanya perlu merogoh kocek Rp30 ribu saja.

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Foto: Ayam Betutu Khas Gilimanuk (maps.google.com)

Dari pertama kali buka pada tahun 2003 lalu, Ayam Betutu Khas Gilimanuk cukup digemari. Minat masyarakat terhadap kuliner Ayam Betutu lumayan baik dan banyak yang mampir saat mengunjungi Gilimanuk untuk tangkil (sembahyang) ke pura.

Sekarang pelanggan Ayam Betutu Khas Gilimanuk tidak hanya masyarakat lokal, tapi juga wisatawan internasional.

Ayam Betutu Khas Gilimanuk menyediakan pilihan ayam betutu kuah, goreng, dan bakar. Kamu juga bisa pilih berbagai jenis sambal, mulai dari sambal matah, cabai krinyi, dan embe. Rasanya enak dan harganya juga terjangkau, pasti bikin kamu mau balik lagi.

Alamat: Jl. Raya Tuban No.2X, Tuban, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali

Jam buka: Setiap hari pukul 08.00 – 22.00 WITA

Harga: DI bawah Rp50.000/porsi.

Ayam Betutu Men Tempeh

Ayam Betutu Men Tempeh
Foto: Ayam Betutu Men Tempeh (maps.google.com)

Sudah berjualan sejak 1978, kelezatan Ayam Betutu Men Tempeh sudah nggak perlu diragukan. Para turis yang masuk wilayah Bali via Pelabuhan Gilimanuk sudah pasti pernah mampir ke tempat makan ayam betutu terenak ini.

Meskipun ayamnya terbilang kecil karena memakai ayam kampung yang masih muda, kamu bakal terkesima dengan bumbunya yang diracik menggunakan bumbu base genep yang komplet. Menu ayam betutunya dijual dengan beberapa pilihan, yaitu per 1/4 ekor, 1/2 ekor, dan 1 ekor. Tersedia pula paket ayam betutu yang lebih hemat bagi pengunjung rombongan atau keluarga.

Alamat: Jl. Rajawali, Gilimanuk, Kec. Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali

Jam buka: Setiap hari pukul 07.00 – 21.30 WITA

Harga: Di bawah Rp50.000/porsi

Tulisan ini mengajak kamu untuk menjelajahi kelezatan dari pusat kuliner khas Bali yang tak hanya memanjakan lidah, tetapi juga membawa pengalaman budaya yang mendalam. Dari sate lilit yang khas hingga ayam betutu yang lezat, setiap hidangan memberikan sentuhan khas pulau dewata.

Mari kita nikmati keanekaragaman rasa dan aroma yang menjadi warisan kuliner Bali, serta menjadikan setiap kunjungan sebagai perjalanan gastronomi yang tak terlupakan.

Selamat menikmati!