Prima Bali

logo prima bali

Mengenal Lebih Dekat Pesona Danau Beratan Bedugul

Mengenal Lebih Dekat Pesona Danau Beratan Bedugul

Pura Ulun Danu Beratan
Foto: Pura Ulun Danu Beratan (maps.google.com)

Siapa sih yang tidak mengenal salah satu destinasi ikonik di Pulau Dewata yang satu ini? Yap, apalagi kalau bukan Danau Beratan Bedugul.

Danau yang terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali ini terbilang cukup unik karena menyajikan pemandangan yang spektakuler dengan Pura Ulun Danu berada tepat di tengahnya.

Ditambah letaknya yang berada pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut (MDPL) menjadikan Danau Beratan memiliki suasana sejuk dan berkabut, yang memberikan sentuhan eksotis pada pemandangan di sekitarnya.

Keistimewaannya bertambah tatkala posisinya berada di paling timur di antara dua danau lain, yaitu Danau Tamblingan dan Danau Buyan, yang membentuk gugusan danau kembar dalam kaldera besar.

Danau ini adalah danau terbesar kedua setelah Danau Batur, memiliki luas seluas 375,6 hektare dengan keliling sekitar 12 kilometer dan kedalaman berkisar antara 22 hingga 48 meter.

Terletak di sepanjang jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar dan Singaraja, serta berdekatan dengan Kebun Raya Eka Karya, menjadikan lokasi ini sebagai salah satu daya tarik utama pariwisata di Pulau Bali.

Selain akses yang mudah, danau ini juga menawarkan berbagai daya tarik wisata yang menarik serta pilihan akomodasi yang memadai. Bahkan, tempat ini sering menjadi lokasi pemotretan dan pengambilan video karena keindahan pemandangannya yang sangat khas.

Tidak hanya wisatawan lokal saja, para wisatawan dari berbagai negara pun berlomba-lomba untuk menyaksikan betapa ciamiknya bentang alam yang disuguhkan oleh danau ini.

Fasilitas yang Ditawarkan

Danau Beratan memiliki enam tempat suci yang termasuk di dalamnya Pura Penataran Agung, Pura Dalem Prajapati, Dalem purwa, Lingga Petak, Taman Beji, dan sebuah Stupa Budha. Terdapat  fasilitas penunjang lainnya, seperti toilet, area parkir yang luas, toko souvenir, layanan ATM, dan restoran.

Di seberang jalan Danau Beratan, wisatawan  juga dapat menemukan Masjid Besar Al-Hidayah. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati beragam kegiatan, seperti melakukan meditasi di alam terbuka, menjelajahi danau dengan perahu atau speed boat, bebek air, dan berbagai kegiatan seru lainnya.

Jam Operasional

Waktu yang direkomendasikan untuk mengunjungi tempat ini adalah pada pagi hari, sekitar jam 08:00 hingga 11:00 pagi, meskipun Danau Beratan Bedugul dibuka dari jam 07:00 hingga 19:00 waktu Bali.

Banyak pengunjung memilih untuk berkunjung pada pagi hari guna menghindari kabut yang sering kali menyelimuti keindahan Danau Beratan Bedugul. Selain menghindari kabut, daerah wisata Bedugul juga sering diguyur hujan pada sore hari.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat memasuki objek wisata ini, wisatawan lokal akan dikenakan tarif sebesar Rp30.000 untuk kategori orang dewasa dan Rp20.000 untuk kategori anak-anak, sedangkan wisatawan asing akan dikenakan tarif sebesar Rp75.000 untuk orang dewasa dan Rp50.000 untuk anak-anak (harga di update per tanggal 29 Desember 2022).

Namun, para wisatawan perlu berjaga-jaga karena harga tiket masuk bisa mengalami perubahan tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Review

Mengutip dari Tripadvisor berikut review pengunjung terhadap Danau Beratan Bedugul.

1.  Beautiful Lake and Temple ★★★★☆

Perjalanan yang cukup jauh dari area Kuta menuju Danau Beratan di daerah Bedugul, Bali Utara ditempuh melalui jalan sempit berliku khas Bali. Cuaca tidak menentu membuat kekhawatiran apakah dapat turun mengunjungi objek wisata yang disediakan?

Ternyata cuaca cukup cerah namun udara tetap terasa dingin karena terletak didaerah yang cukup tinggi dari permukaan laut. Danau disini cukup luas dengan latar belakang tebing dari bukit2 yang mengelilingi, serta berpadu dengan air yg jernih. Kebersihan taman cukup terjaga dengan padanan sebuah kuil yg tampak seperti mengapung terpisah dari daratan dengan bentuk yg khas.

Disini juga tersedia perahu maupun speedboat yg dapat disewa serta acanya pula taman bermain kecil untuk anak-anak (Herman S).

2. Liburan Keluarga ★★★★★

Tempatnya sejuk, dan cenderung sering turun hujan, jadi lebih baik bawa payung kalau berkunjung kesini, meski banyak juga ojek payung. Pemandangannya sangat indah. Ada tempat bermain anak dan restoran di dalam area wisata. Tempat yang selalu ingin dikunjungi kalau ke Bali (Anna A).

3. Pemandangan yang Indah ★★★★★

Pemandangan indah, menenangkan  untuk bersantai dengan biaya masuk murah sebesar 20.000 Rupiah per orang. Anda juga bisa mencoba kuliner lokal dengan harga terjangkau. Disarankan untuk mengunjungi selama hari kerja karena akhir pekan & hari libur sangat ramai (vivaforava).

4. Tempat Terbaik di Bali ★★★★★

Danau yang masih asli, kuil yang semarak, tutupan awan yang indah, dan cuaca yang menyenangkan – saya tidak dapat mengharapkan apapun dari tempat ini.

Saya jatuh cinta dengan danau bratan. Suhunya 10 hingga 15 derajat lebih dingin dari Bali selatan. Biaya masuknya adalah 50.000 Rupiah. Ini adalah kunjungan wajib di Bali (Aaqarsh Aiyyar).

5. Taman yang Indah★★★★ ☆

Layak dikunjungi. Kuil ini dibangun di atas danau yang dikelilingi oleh taman-taman yang terawat indah yang berisi banyak patung-patung hewan yang berbeda.

Banyak tempat untuk mengambil foto yang bagus. Kabupaten Bedugul menumbuhkan stroberi sehingga kami membeli beberapa dari penduduk setempat bersama dengan buah markisa dan kacang segar (Sandy H).

Itu dia informasi menarik seputar Danau Beratan Bedugul. Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, suasananya yang sejuk, dan pemandangan eksotisnya yang begitu memanjakan mata, Danau Beratan Bedugul di Bali memang patut untuk memikat hati wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Menjadi tempat yang istimewa dengan berbagai daya tarik wisata alam, Danau Beratan merupakan destinasi yang wajib kamu kunjungi untuk bersantai, menjelajahi keindahan alam, dan menikmati momen-momen berharga bersama keluarga dan teman-teman.

Tertarik untuk mengunjungi Danau Beratan Bedugul dan mengeksplorasi keindahannya? Segera hubungi Prima Bali Tour Services untuk mendapat insight dan informasi lebih banyak.