Prima Bali

logo prima bali

Pusat Oleh-oleh Kacang Bali, Camilan Khas Pulau Bali yang Wajib Dibeli

Pusat Oleh-oleh Kacang Bali, Camilan Khas Pulau Bali yang Wajib Dibeli

Satu hal yang tidak boleh kelewatan kalau kamu berkunjung ke Bali adalah membeli kacang khas Bali. Dengan cita rasa yang unik, tak heran jika kacang khas Bali ini banyak sekali diburu oleh wisatawan saat mereka berlibur ke Bali. Kacang bali banyak dijumpai di pusat oleh-oleh kacang Bali dan juga toko oleh-oleh lainnya. Namun, sebelum kamu ikut berburu makanan ini, yuk intip terlebih dahulu berbagai jenis kacang Bali yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya.

Jenis-jenis Kacang Bali di Pusat Oleh-oleh Kacang Bali

1. Kacang Disco

Kacang Disco Bali
Foto: Kacang Disco Bali (maps.google.com/kacangdiscobalikecakmama)

Banyak wisatawan yang mengunjungi Bali untuk memburu camilan yang sangat populer ini, apalagi kalau bukan kacang disco. Camilan kacang yang dilapisi dengan berbagai macam tepung ini kian diminati oleh para wisatawan. Proses pembuatannya melibatkan adonan basah dan kering yang kemudian digoreng hingga kering dan renyah. Kacang disco ini menawarkan beragam rasa yang membuatnya semakin lezat, termasuk rasa asli, pedas, BBQ, keju, dan berbagai varian lainnya. Kalau kamu berlibur di Bali, jangan lupa untuk mencicipi kacang disco ini. Kamu dapat menemukannya dengan merek Kecak Mama dan Kacang Disco Rajawali.

2. Kacang Kapri

Kacang Kapri Bali
Foto: Kacang Kapri Bali (maps.google.com/kacangdiscobalikecakmama)

Kacang kapri adalah salah satu jenis kacang yang banyak diminati oleh para wisatawan. Meskipun bentuknya menyerupai kacang tanah, namun kacang kapri memiliki ukuran yang lebih besar. Karena citarasanya yang sangat gurih, tidak mengherankan jika banyak wisatawan yang tidak ingin melewatkan kesempatan untuk membeli kacang yang unik ini. Sebagian besar pengunjung membeli kacang ini dalam jumlah besar. Salah satu merek kacang kapri yang paling populer di Bali adalah Kacang Kapri dengan merek terkenal seperti Tari Bali Meman.

3. Kacang Koro

Kacang Koro
Foto: Kacang Koro (pinterest.com)

Kacang koro juga telah berhasil bersaing dengan dua jenis varian kacang lainnya yang sering menjadi favorit para wisatawan. Kacang ini memiliki bentuk pipih dan berwarna kuning yang khas dengan rasa yang sangat gurih. Oleh-oleh ini cukup simple dan sangat cocok untuk dijadikan camilan keluarga. Cara untuk mengolah kacang koro adalah dengan sangrai dan beri bumbu sesuai selera. Terdapat beragam varian rasa yang ditawarkan, termasuk rasa original, bawang, keju, dan bahkan rasa rumput laut. Di Bali, terdapat merek andalan yaitu Manna yang menyajikan olahan Kacang Koro dengan berbagai varian rasa.

4. Kacang Tanah

Kacang Tanah Bali
Foto: Kacang Tanah Bali (pinterest.com)

Kacang Tanah merupakan jenis kacang yang juga sangat diminati oleh para wisatawan. Ukuran kacang ini lebih besar daripada kacang pada umumnya. Kacang tanah ini memiliki cita rasa yang gurih, dan tergolong sebagai cemila yang simple dan ringan. Kacang ini mengalami proses pengolahan dengan cara dipanggang dan kemudian disajikan dengan berbagai jenis bumbu. Beberapa di antaranya menggunakan bumbu bawang putih. Namun ada juga variasi lainnya, yaitu dengan menambahkan bumbu berupa potongan daun jeruk yang memberikan cita rasa yang khas.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kacang Bali

Sebelum membeli oleh-oleh ini alangkah baiknya kamu memperhatikan beberapa hal dibawah ini:

1. Varian Rasa

Oleh-oleh kacang khas Bali menawarkan berbagai varian rasa yang beragam.  Jika ini adalah pertama kalinya kamu mencicipi kacang Bali, sebaiknya kamu memilih rasa original terlebih dahulu karena dengan mencoba rasa original, kamu akan mengetahui cita rasa asli dari kacang khas Bali ini.

2. Pilihan Packaging

Kacang Bali dapat ditemukan dalam berbagai jenis kemasan, termasuk kardus, plastik, dan pouch. Setiap jenis kemasan memiliki kelebihannya masing-masing yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pribadi. Jika kamu ingin memberikannya sebagai oleh-oleh, sebaiknya pilih kardus karena tampilannya lebih menarik dan rapi. Sementara itu, bagi yang ingin berhemat, produk dalam kemasan plastik mungkin menjadi pilihan yang lebih ekonomis. Adapula kemasan pouch yang praktis untuk dibawa saat bepergian karena dilengkapi dengan zip lock. Jika kamu tidak mampu menghabiskan semuanya sekaligus, kamu tetap bisa membeli produknya dengan packaging berbentuk stoples.

3. Berat Bersih

Pastikan juga memperhatikan berat produknya, karena kacang Bali tersedia dalam berat varian antara 100 gram hingga 400 gram. Jika ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh, kamu dapat membeli kemasan berat dengan 100–200 gram. Namun, kalau ingin menikmatinya sendiri atau bersama keluarga di rumah, pilihlah kemasan berat 400 gram.

4. Pilihlah Merek yang Familiar

Kamu mungkin akan merasa bingung saat dihadapkan pada banyak pilihan merek kacang Bali. Untuk mengatasinya, kamu bisa pilih produk dari merek yang sudah dikenal di pasaran atau merek yang familiar. Merek yang menurut kamu sudah terbukti memiliki kualitas yang baik akan lebih meyakinkan untuk dipilih.

Pusat Oleh-oleh Kacang Bali

Bali memiliki beberapa pusat oleh-oleh yang terkenal yang menjual kacang Bali. Berikut adalah beberapa dari mereka:

1. Agung Bali Oleh-oleh

Agung Bali Oleh-oleh
Foto: Agung Bali Oleh-oleh (maps.google/agungbalioleholeh)

Toko Oleh-oleh Agung Bali  adalah salah satu pusat oleh-oleh terkenal di Bali. Mereka menawarkan berbagai camilan khas Bali, termasuk kacang Bali, dengan berbagai rasa yang menggugah selera.

2. Krisna Oleh-Oleh Bali

Krisna Oleh-Oleh Bali
Foto: Krisna Oleh-Oleh Bali (maps.google.com/krisnatokooleholehkhasbali)

Krisna adalah jaringan toko oleh-oleh terbesar di Bali, dengan beberapa cabang di seluruh pulau. Mereka memiliki banyak pilihan camilan termasuk kacang Bali dengan berbagai rasa dan kemasan yang menarik.

3. Oleh-Oleh Khas Bali Made’s Warung

Oleh-Oleh Khas Bali Made's Warung
Foto: Oleh-Oleh Khas Bali Made’s Warung (maps.google.com/made’swarung)

Made’s Warung adalah restoran dan toko oleh-oleh yang terkenal di Kuta, Bali. Selain hidangan lezat, mereka juga menjual berbagai camilan khas Bali, termasuk kacang Bali.

4. Joger Bali

Joger Bali
Foto: Joger Bali (maps.google.com/temanjogerluwus)

Joger adalah toko oleh-oleh dan souvenir yang populer di Bali. Selain souvenir, mereka juga menjual camilan khas Bali, salah satunya adalah kacang Bali.

5. Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati
Foto: Pasar Seni Sukawati (maps.google.com/sukawatiartmarket)

Pasar Seni Sukawati adalah pasar tradisional yang terkenal di Gianyar, Bali. Di sini, kamu dapat menemukan berbagai oleh-oleh dan camilan Bali, termasuk kacang Bali.

6. Toko Oleh-Oleh di Bandara Bali

Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali memiliki beberapa toko oleh-oleh di dalamnya yang menjual camilan khas Bali, termasuk kacang Bali. Ini adalah tempat yang sempurna untuk membeli oleh-oleh terakhir sebelum meninggalkan pulau.

Itu dia Informasi menarik seputar Kacang Bali. Pastikan untuk memeriksa kualitas dan tanggal kedaluwarsa kacang Bali yang akan kamu beli, dan selalu cek harga serta perbandingan di beberapa toko oleh-oleh sebelum memutuskan untuk membeli.

Tertarik untuk membeli salah satu camilan popular khas Bali yang satu ini? Segera hubungi Prima Bali Tour Services untuk mendapat insight dan informasi lebih banyak.