Prima Bali

logo prima bali

Eksplorasi 5 Kebun Binatang Terbaik di Bali

Eksplorasi 5 Kebun Binatang Terbaik di Bali

Kebun Binatang di Bali
Foto: Kebun Binatang di Bali (freepik.com)

Dengan keasrian alam dan kesejukan tropisnya, Bali bukan hanya surga bagi pecinta pantai, tetapi juga menyuguhkan petualangan yang mengasyikkan bagi para pencinta satwa liar. Mari meresapi keindahan pulau ini melalui artikel ini, yang akan membawa kita dalam eksplorasi seru ke berbagai kebun binatang di Bali.

Setiap langkah akan memperkenalkan kita pada kehidupan liar yang menarik, dan setiap belokan akan membuka pintu petualangan yang penuh kejutan. Sambutlah keunikan dan kecantikan kebun binatang Bali melalui mata dan cerita petualang ini. Destinasi ini menawarkan pengalaman unik dan memikat, membawa para pengunjung dalam perjalanan tak terlupakan ke dunia hewan yang kaya akan keanekaragaman hayati.

Mari kita telusuri bersama keajaiban-keajaiban yang tersembunyi di balik pintu-pintu kebun binatang Bali yang menakjubkan ini.

1. Bali Zoo

Kebun Binatang di Bali, Bali Zoo
Foto: Bali Zoo (maps.google.com)

Bali Zoo merupakan salah satu kebun binatang terbesar yang ada di Bali. Kebun binatang ini berlokasi di Kabupaten Gianyar dan memiliki luas sekitar 12 hektar. Kebun binatang ini dihuni oleh kurang lebih 100 spesies satwa langka.

Ada banyak jenis hewan yang ada di kebun binatang ini seperti hewan mamalia, reptil dan burung. Hewan mamalia yang terancam punah seperti primata, rusa, macan suatera dan kanguru. Selain itu hewan buas seperti singa, harimau, buaya dan ular juga ada di kebun binatang ini. 

Jenis burung juga ada banyak spesies seperti burung jalak bali yang sudah hampir punah. Tempat wisata yang luas dan dengan harga tiket yang terjangkau akan membuat pengunjung nyaman dengan suasana alam yang ada di Bali Zoo.Pengunjung dapat berpartisipasi dalam kegiatan interaktif, seperti berfoto bersama satwa atau berpartisipasi dalam pengalaman makan malam bersama hewan.

2. Bali Bird Park

Kebun Binatang di Bali, Bali Bird Park
Foto: Bali Bird Park (maps.google.com)

Menyajikan keindahan dan keanekaragaman dunia burung, Taman Burung Bali merupakan tempat yang luar biasa bagi pecinta burung. Taman ini memiliki koleksi burung yang mengagumkan dan menyediakan pertunjukan luar biasa. Bali Bird Park berlokasi di Singapadu Gianyar dan memiki luas sekitar 2 hektar.

Taman burung ini menampung sekitar seribu jenis burung dari 250 spesies. Burung yang ada di taman ini berasal dari Indonesia, Afrika dan Amerika Selatan. Salah satu jenis burung langka yang berasal dari Bali juga ada di taman ini yaitu Burung Jalak Bali.

Selain hanya melihat burung, kamu juga bisa melihat proses perkembangbiakan burung yang dapat menambah wawasan. Selain itu di taman ini juga ada tanaman tropis yang jumlahnya hampir 2000 jenis yang tersebar di area taman. Tentu saja kamu bisa belajar sambil menikmati suasana alam.

3. Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park
Foto: Bali Safari and Marine Park (maps.google.com)

Bali Safari dan Marine Park ini bisa dikenal dengan Taman Safari Bali. Di taman ini kita bisa melihat kehidupan satwa liar yang hidup seperti habitat aslinya. Taman Safari Bali merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia yang sudah ada hampir 20 tahun dalam menegelola binatang liar ini.

Dalam taman ini sekitar 60 spesies dan 400 ekor satwa langka yang berasal dari Indonesia, Afrika dan India. Satwa langka yang dari Indonesia seperti Jalak Putih, Burung Hantu, Tapir, Buaya, Babi Rusa dan Harimau Sumatera. 

Taman Safari Bali juga sangat cocok untuk menikmati alam karena dibuat hampir sama persis seperti habitat asli hewan. Salah satu kebun binatang terkemuka di Bali, Bali Safari & Marine Park menawarkan pengalaman safari yang mendalam. Pengunjung dapat menjelajahi habitat alami hewan-hewan eksotis, termasuk singa, gajah, dan zebra. Taman ini juga memiliki teater lumba-lumba dan pertunjukan satwa liar.

4. Bali Butterfly Park

Kebun Binatang di Bali, Bali Butterfly Park
Foto: Bali Butterfly Park (maps.google.com)

Bali Butterfly Park atau biasa dikenal Taman Kupu-Kupu Bali merupakan tempat untuk melestarikan kupu-kupu. Taman ini berlokasi di Wanasari, Tabanan. Kupu-kupu adalah hewan yang memiliki sayap yang sangat bervariasi dan indah.

Sayangnya, dengan adanya pertumbuhan kota-kota besar mengakibatkan spesies dari kupu-kupu menjadi langka. Untuk melestarikan kupu-kupu, mereka ditangkar dalam sebuah tempat yang dilindungi jaring-jaring di sekitar tempat penangkaran agar kupu-kupu dapat hidup dan dapat berkembang biak. 

Selain kupu-kupu, jika kita berkunjung ke taman ini, kita juga dapat melihat serangga, kajengking, tarantula dan berbagai kumbang.

5. Pulau Penyu

Pulau Penyu
Foto: Pulau Penyu (maps.google.com)

Pulau Penyu dianggap sebagai kebun binatang yang berfungsi sebagai tempat penangkaran salah satu hewan yang terancam langka di Bali. Di bagian selatan Bali, pulau ini berdampingan dengan tempat olahraga air terbesar di Bali, yakni Tanjung Benoa.

Saat bertandang di Pulau ini pengunjung bisa melihat hewan unik dan langka seperti kura-kura, burung, ular, monyet, iguana dan kelelawar. Tak hanya itu, pemandu lokal juga menjelaskan tentang proses penangkaran penyu dan kehidupannya yang sebenarnya.

Kita dapat merasakan keajaiban alam yang menghidupkan kisah-kisah unik setiap makhluk yang mendiami pulau ini. Dari keindahan yang memukau hingga pertunjukan yang mendalam, 5 kebun binatang di Bali bukan sekadar destinasi wisata, tetapi pintu menuju pemahaman dan kepedulian terhadap kehidupan satwa liar.

Semoga eksplorasi ini memberikan inspirasi dan membangkitkan kesadaran akan pentingnya melindungi keanekaragaman hayati, sehingga pesona alam ini dapat terus dinikmati oleh generasi mendatang.