Prima Bali

logo prima bali

Menikmati Pesona Alam Raja Lima Nusa Penida

Menikmati Pesona Alam Raja Lima Nusa Penida

Foto: Thousand Island View Point (maps.google.com)

Bali menjadi salah satu pulau di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata indah dan juga populer. Pemandangan alam serta tradisi budaya yang sangat kental menjadikan Bali sebagai primadona bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Beberapa destinasi wisata terletak di salah satu pulau di Bali yaitu Nusa Penida. Pulau Nusa Penida sendiri merupakan salah satu bagian dari Provinsi Bali, namun letaknya terpisah dengan Pulau Bali. Pulau ini menawarkan berbagai jenis destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya Raja Lima Nusa Penida.

Raja Lima Nusa Penida menyajikan pemandangan alam yang indah dan memukau lho. Seindah apa sih pesonanya? Simak informasi selengkapnya ya.

Baca juga Rekomendasi wisata Outdoor di Bali

Daya Tarik Raja Lima Nusa Penida

  1. Daerah Perbukitan yang Hijau

Kawasan wisata ini disebut juga dengan istilah thousand island view point karena jaraknya yang sangat dekat dengan Pulau Seribu di Kepulauan tersebut. Perbukitan yang terlihat menyebar dengan permukaan hijaunya menjadi daya tarik tersendiri di tempat ini. Banyak wisatawan yang senang berfoto di kawasan ini, karena tidak banyak wisata pantai dengan view pegunungan. Selain itu, pengunjung juga dapat dapat naik ke salah satu puncak bukit untuk dapat melihat indahnya sunrice maupun sunset yang lebih memukau.

  1. Pemandangan Alam yang Menenangkan

Pemandangan alam yang terdapat pada kawasan Raja Lima, dikenal sebagai salah satu view relaksasi terbaik di Nusa Penida. Bukan saja bisa melihat puncak bukit, namun pengunjung juga dapat menikmati suasana pegunungan lain dan pemandangan indah Nusa Penida dari menjadi salah satu spot yang diincar pecinta fotografi.

  1. Pemandangan Teluk Parangempu dan Teluk Titi Bahu

Dari puncak utama tempat wisata ini bisa terlihat jelas penampakan Teluk Parangempu dan Teluk Titik Bahu yang dikenal karena eksotisme itu. Permukaan air laut yang biru dan berkilauan menjadi salah satu penghilang suntuk saat dilihat langsung dari dekat. Apalagi kalau udara berhembus sepoi-sepoi dan matahari tidak bersinar terik, akan membuat betah berlama-lama melihat pemandangan menakjubkan tersebut.

  1. Pemandangan Puncak Bukit Terindah Nusa Penida

Salah satu puncak tertinggi Raja Lima Nusa Penida dari atas bukit akan terlihat perpaduan hamparan laut dengan warna yang bervariasi. Kemudian terlihat tebing tinggi tempat ombak memecah ke pinggir pantai dengan suara merdunya. Terdapat pula beberapa patung yang berada di puncak bukit, sebagai bagian dari keindahan yang tidak terbantahkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Wisata cantik ini juga dikenal sebagai lokasi trekking yang cukup menantang, ada di kawasan Dusun Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

Untuk mencapai lokasi dari pusat Pulau Dewata di Kota Denpasar harus menyebrang terlebih dahulu menyeberang menggunakan speed boat atau fast boat yang terdapat di pelabuhan kawasan Klungkung dan sekitarnya.

Waktu tempuh menggunakan speed boat tersebut lebih kurang 40 menit dari dermaga di kawasan Sanur Denpasar. Jika melalui Dermaga Kusamba di Klungkung hanya butuh waktu sekitar 25 menit hingga sampai di Pelabuhan Nusa Penida.

Lalu perjalanan dapat dilanjutkan menggunakan jalur darat, dapat dilakukan menggunakan motor sewaan yang tersedia di sekitar kawasan pelabuhan dengan harga sewa relatif murah. Dapat juga menggunakan mobil sewaan lengkap dengan driver agar lebih aman.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk di Raja Lima Nusa Penida berkisar Rp 5.000 an/orang untuk turis lokal. Sedangkan untuk pengunjung mancanegara dikenakan biaya masuk sekitar Rp 10.000/orang. Adapun biaya lain yang harus disiapkan adalah biaya parkir kendaraan, untuk motor dikenakan biaya parkir Rp 5.000/unit dan mobil Rp 10.000/unit.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Raja Lima Nusa Penida

  1. Trekking

Buat kamu yang mempunyai hobi trekking atau menelusuri jalan dengan tantangan tingkat tinggi, bisa melakukan kegiatan tersebut di Raja Lima lho. Perjalanan bisa dimulai dari jalan masuk tempat memarkir kendaraan, dimana dibutuhkan waktu trekking sekitar 10 sampai 20 menit.

Satu hal yang harus dipastikan sebelum memulai trekking adalah kondisi tubuh yang sehat dan fit untuk melakukan perjalanan menantang ini. selain itu, pastikan untuk membawa bekal dan minum yang cukup apalagi kalau akan melakukan perjalanan saat matahari terik.

  1. Fotografi

Banyak spot foto yang tersedia di kawasan wisata Raja Lima yang indah dan menawan. Hal itu tentu tidak boleh dilewatkan oleh kalian yang menyukai dunia fotografi, terutama dalam menghasilkan foto dengan nilai seni alami yang tinggi.

  1. Bermain di Rumah Pohon Molenteng

Terdapat sebuah rumah pohon dengan view langsung melihat deretan bukit-bukit, yang ada di sekitar kawasan wisata. Rumah ini berada di salah satu puncak bukit, dibuat sealami mungkin dengan fasilitas yang cukup lengkap.

  1. Selfie di Pinggir Tebing

Di beberapa pinggir bukit terdapat view menarik dihiasi patung yang sangat artistik, sehingga membuat banyak orang rela mencapai kawasan tersebut walaupun harus menempuh jalur cukup terjal.

Fasilitas di Kawasan Wisata

Fasilitas yang terdapat di Kawasan wisata Raja Lima Nusa Penida ini terbilang cukup lengkap. Fasilitas-fasilitas tersebut menunjang setiap keperluan wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini. Adapun fasilitas-fasilitas yang telah disediakan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Area parkir cukup luas
  • Toilet umum
  • Tempat sampah
  • Tempat penyewaan penginapan
  • Cafe
  • Warung
  • Gazebo dan tempat duduk

Tips Berkunjung ke Raja Lima Nusa Penida

Tips dan trik ini dapat kamu terapkan untuk mendapatkan pengalaman liburan yang lebih baik. Adapun beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan ketika berkunjung ke Raja Lima Nusa Penida tersebut adalah:

  • Coba cari informasi terbaru lebih dahulu untuk memeriksa harga tiket masuk dan jam buka wisata.
  • Lakukan persiapan liburan jauh-jauh hari.
  • Catat dan teliti setiap barang atau perlengkapan yang ingin Anda bawa berlibur.
  • Jangan sampai ada yang ketinggalan.
  • Bawalah uang lebih kalau bisa membawa cadangan uang untuk menghindari resiko kerusakan kendaraan pribadi ataupun hal lainnya.
  • Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi.
  • Patuhi setiap peraturan yang berlaku di Bali khususnus di Raja Lima Nusa Penida ini.
  • Tetap jaga kebersihan area wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *