Prima Bali

logo prima bali

Surga Kuliner: 7 Rekomendasi Street Food Terbaik di Bali

Surga Kuliner: 7 Rekomendasi Street Food Terbaik di Bali

Bali merupakan surga bagi mereka pecinta kuliner. Dengan berbagai makanan yang beragam dan kaya akan rempah-rempah yang memanjakan lidah, tak heran Bali menjadi salah satu magnet wisata kuliner. Salah satu daya tarik kuliner yang paling mencolok di Bali adalah street food-nya yang memikat selera. Jadi, wajib rasanya untuk mencoba beberapa street food saat liburan ke Bali.   

Street food di Bali cenderung mudah dijumpai. Para pedagang biasanya ada yang membuka lapak semi permanen, menggunakan gerobak, bahkan ada yang memanfaatkan sepeda dan mobilnya untuk menjajakan makanan. Soal harga nggak perlu khawatir, street food ini tergolong masih ramah di kantong, tapi jangan salah soal rasa dijamin enak dan nggak murahan.

Berikut ini Prima Bali rangkum 7 rekomendasi street food yang wajib dicoba saat sedang liburan di Bali.

1. Babi Guling

Foto: Babi Guling (id.wikipedia.org)

Babi guling adalah primadona pulau yang satu ini. Tak lengkap rasanya jika liburan ke bali tanpa mencicipi babi guling. Babi guling merupakan babi yang dipanggang diatas bara langsung dan diberi bumbu rempah-rempah. Kebanyakan tempat menyajikannya dengan nasi ketan, kriuk babi, sayur, sup, dan sambal. Makanan yang satu ini tergolong mudah ditemui, namun sebagai rekomendasi, wisatawan bisa datang ke Warung Babi Guling Made Sekar di Jalan Raya Kuta Nomor 29, Kelurahan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Warung babi guling yang satu ini terkenal akan kelezatan sambalnya. Nah, jika tertarik untuk mengunjungi warung ini, wisatawan bisa datang mulai pukul 08.00-19.00 WIB.

2. Sup Kepala Ikan

Foto: Sup Kepala Ikan (kompas.com)

Ini juga merupakan makanan andalan masyarakat Bali. Pecinta seafood wajib coba makanan yang satu ini, apalagi jika disajikan dengan nasi dan ikan tenggiri. Dengan perpaduan rempah khas Bali dan cita rasa seafood yang segar, sup kepala ikan menjadi pilihan yang pas untuk memanjakan lidah. Salah satu tempat yang menyediakan sup kepala ikan terbaik adalah Warung Mak Beng . Warung yang terletak di Jalan Hang Tuah No.45, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Sanur Kaja, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali ini ternyata masuk ke dalam peringkat 3 besar restoran paling legendaris di dunia 2023.

3. Nasi Campur

Foto: Nasi Campur Bali (cookpad.com)

Berikutnya adalah nasi campur. Ini merupakan makanan khas bali yang menyajikan nasi putih ditemani berbagai lauk pauk seperti ayam suwir, sate lilit, telur dadar, tempe goreng, tahu goreng, sayur lodeh, sambal, dan kerupuk. Untuk mencicipi nasi campur ini, wisatawan bisa datang ke Jalan Waturenggong atau persis dekat dengan gang di sebelah Timur Toko Bali Listrik.

4. Pisang Rai

Foto: Pisang Rai (resepkoki.id)

Pisang Rai merupakan pisang yang dilapisi tepung yang terkenal sebagai camilan tradisional Pulau Bali yang biasa dimakan pada pagi hari. Sebagai negara tropis, tentunya kualitas pisang di sini tak perlu diragukan lagi. Pisang akan dilapisi dengan adonan tepung beras, kemudian direbus, dan dihidangkan dengan parutan kelapa yang segar dan gula merah yang sudah dicairkan. Supaya semakin nikmat, biasanya camilan ini hidangkan bersama secangkir kopi atau teh. Wisatawan bisa pergi ke Pasar Pagi di Jalan Raya Ubud No.14, Ubud, Kec. Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali pada pukul 06.00 – 09.00.

5. Bubur Injin

Foto: Bubur Injin (denpasarkota.go.id)

Bubur injin merupakan hidangan yang berbahan dasar ketan hitam yang kemudian direbus dengan air hingga bertekstur lunak. Makanan Bubur ini biasa dihidangkan dengan santan kelapa dan daun pandan sebagai hiasan diatasnya. Memiliki cita rasa yang manis, bubur yang satu ini kerap dijadikan hidangan penutup oleh masyarakat Bali. Bubur ini cukup mudah ditemui, karena banyak pedagang yang menjajakannya. Sebagai Rekomendasi, semakin nikmat, biasanya camilan ini hidangkan bersama secangkir kopi atau teh. Wisatawan bisa pergi ke Pasar Pagi di Jalan Raya Ubud No.14, Ubud, Kec. Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali pada pukul 06.00 – 09.00 untuk menikmati kelezatan bubur yang satu ini.

6. Sate Lilit

Foto: Sate Lilit (food.detik.com)

Sate lilit merupakan salah satu varian sate khas Bali yang terbuat dari daging ayam, babi, ikan, sapi, hingga kura-kura. Daging yang telah dicincang akan dicampur dengan bumbu yang terdiri dari parutan kelapa, santan, jeruk nipis, bawang merah, dan merica kemudian ditusuk dengan batang sereh dan dibakar diatas arang. Jika tertarik untuk mencicipi makanan yang satu ini, wisatawan bisa datang ke Warung Wardini di Jalan Yudistira No.2, Dangin Puri Kauh, Kota Denpasar, Bali. Sate lilit di sini terbuat dari ikan segar dengan bumbu pilihan, sehingga soal rasa tak usah diragukan lagi.

7. Lawar

Foto: Lawar (kumparan.com)

Lawar merupakan hidangan khas Bali yang menyajikan campuran sayuran-sayuran dan daging cincang yang kemudian dibumbui. Terkadang di beberapa jenis lawar, diberikan tambahan darah dari daging itu sendiri. Darah tersebut dicampurkan dengan bumbu-bumbu tertentu untuk menambah rasa dari lawar itu sendiri. Tapi tenang, bagi wisatawan muslim, terdapat alternatif pilihan lawar halal yang tidak menggunakan darah dan daging babi, contohnya adalah lawar nangka. Lawar ini biasanya dihidangkan dengan nasi beserta lauk-pauk lainnya. Salah satu rekomendasi tempat yang menyediakan lawar yang enak adalah Warung Lawar Ayam Bu Ayu yang terletak di Pertigaan Jl. Raya Pemogan, Denpasar, Bali. Wisatawan bisa mengunjungi warung ini dari siang hingga malam hari. Di warung ini juga disediakan lauk lainnya, seperti sate lilit, ayam kalasan, dan sayur kacan.

Itu dia 7 rekomendasi street food yang bisa kamu coba saat liburan ke Bali. Tertarik untuk Informasi lebih banyak seputar street food Bali? Segera hubungi Prima Bali Tour Services untuk mendapat insight dan informasi lebih banyak.

Baca juga Menjelajahi Bali Dengan Hemat Bersama Paket Wisata Terjangkau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *