Prima Bali

logo prima bali

Indonesia Berbatasan dengan Negara Apa di Bagian Utara?

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dengan banyak perbatasan di utara. Di Pulau Kalimantan, negara ini bersebelahan dengan Malaysia. Laut Indonesia di utara juga berbagi batas dengan lima negara lain1.

Indonesia sangat dekat dengan Malaysia melalui Selat Malaka. Di samping itu, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina juga adalah tetangga di wilayah laut utara Indonesia1.

Ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang sangat terhubung dengan lautan di utara. Kehadiran berbagai negara di sekitar laut Indonesia menunjukkan pentingnya diplomasi1.

Poin Kunci

  • Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia di Pulau Kalimantan di bagian utaranya.
  • Wilayah laut Indonesia di utara berbatasan dengan 5 negara: Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina.
  • Indonesia berbatasan dengan laut dan lautan, seperti Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, Selat Malaka, Laut Andaman, dan Samudra Pasifik.
  • Batas wilayah utara Indonesia mencakup berbagai perairan laut dan selat yang berbatasan dengan negara-negara tetangga.
  • Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki luas wilayah laut yang sangat luas.

Letak Geografis Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang strategis. Terletak di antara Benua Asia dan Australia. Juga berada di antara Samudra Hindia dan Pasifik.2 Letaknya astronomis di 6°LU – 11°LS dan 95°BT – 141°BT. Ini artinya, Indonesia punya iklim tropis karena dipengaruhi angin musim.

Indonesia Terletak di Antara Benua Asia dan Australia

Indonesia berada di antara Asia dan Australia. Ini menjadikannya jembatan penting.2 Keadaan geografisnya pun membuat Indonesia terhubung dalam perdagangan internasional.2

Indonesia Terletak di Antara Samudra Hindia dan Pasifik

Indonesia dikelilingi Samudra Hindia dan Pasifik.1 Kedua samudera ini memberi banyak keuntungan. Seperti sumber daya kelautan yang kaya dan peluang di sektor kelautan.

Batas Wilayah Indonesia di Bagian Utara

Indonesia punya garis batas yang jelas di utaranya. Menurut beberapa sumber, negara ini berbatasan dengan Malaysia di Kalimantan Utara.2 Kawasan laut di sebelah utara juga bertemu dengan negara tetangga.

Berbatasan dengan Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, dan Selat Malaka

Di utara, Indonesia berbagi perbatasan dengan Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, dan Selat Malaka.2 Air ini dikelola di bawah hukum Indonesia.

Berbatasan dengan Singapura di Selat Malaka dan Selat Batam

Indonesia juga berbagi batas dengan Singapura di Selat Malaka dan Selat Batam.2 Kedua jalur ini penting untuk konektivitas dengan negara tetangga.

Berbatasan dengan Thailand di Laut Andaman dan Selat Malaka

Di Laut Andaman dan Selat Malaka, Indonesia bertemu dengan Thailand.2

Berbatasan dengan Vietnam di Laut Cina Selatan

Ada juga batas dengan Vietnam di Laut Cina Selatan.2 Perairan ini penting dan jadi bagian dari Indonesia.

Berbatasan dengan Filipina di Laut Cina Selatan dan Laut Sulawesi

Terakhir, Filipina berbatasan dengan Indonesia di Laut Cina Selatan dan Laut Sulawesi.2 Daerah ini adalah bagian dari wilayah Indonesia.

berbatasan dengan apakah indonesia di bagian utara

Peta batas utara Indonesia

Menurut tiga sumber, Indonesia berbagi perbatasan dengan beberapa negara di utaranya. Negara-negara itu termasuk Malaysia, terutama di Pulau Kalimantan21. Dan juga meliputi Laut Cina Selatan213 dan Laut Sulawesi213.

Kemudian, Indonesia bersebelahan dengan Singapura, lewat Selat Malaka dan Selat Batam213. Di sana juga bertemu dengan Thailand, khususnya di Laut Andaman dan Selat Malaka213. Tak ketinggalan, Vietnam, yang terletak di Laut Cina Selatan213.

Terakhir, Indonesia berbatasan dengan Filipina. Filipina berada di dua lokasi, yaitu Laut Cina Selatan dan Laut Sulawesi213.

Batas Wilayah Indonesia di Bagian Barat

Batas barat Indonesia adalah Samudra Hindia menurut sumber pertama2. Meskipun jarak yang jauh dengan daratan India, keduanya berbagi titik batas wilayah. Pulau Ronde di Aceh dan Pulau Nicobar di India menandakan area ini2.

Berbatasan dengan Samudra Hindia

Di barat, Indonesia berhadapan langsung dengan Samudra Hindia2. Jadi, Samudra Hindia menjadi garis wilayah laut Indonesia di barat.

Pulau Ronde di Aceh dan Pulau Nicobar di India

Indonesia dan India meski berjauhan secara geografis punya batas jelas. Yaitu, Pulau Ronde di Aceh dan Pulau Nicobar2. Pulau-pulau ini menunjukkan batas laut antara kedua negara di Samudra Hindia.

Batas Wilayah Indonesia di Bagian Timur

Menurut sumber pertama, batas wilayah Indonesia di timur adalah dengan daratan Papua Nugini2. Papua Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini kebarat2. Di timur, Indonesia juga berbatasan dengan Samudra Pasifik2.

Sumber kedua menambahkan, bagian timur Indonesia langsung bertemu dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik1. Di Provinsi Papua, area ini juga berbatasan dengan wilayah Papua Nugini sebelah utara1. Wilayah Indonesia di provinsi ini juga berdekatan dengan Provinsi Barat Papua Nugini1.

Batas Wilayah Indonesia di Bagian Selatan

batas wilayah selatan indonesia

Menurut sumber pertama, Indonesia di selatan berbatasan dengan Timor Leste2 dan Samudra Hindia. Luas wilayah Indonesia mencapai 5.193.250 km², dengan luas daratan sekitar 1.919.440 km². Wilayah perairannya mencapai 3.273.810 km²2.

Lebih dari dua pertiga wilayah Indonesia adalah lautan. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya laut bagi negara pulau ini2.

Secara geografis, Indonesia dikelilingi oleh Benua Asia dan Australia. Ia berada di tengah Samudra Hindia dan Samudra Pasifik2. Di bagian selatannya, Indonesia berbatasan langsung dengan Timor Leste2.

Posisi strategis ini membuat Indonesia jadi pusat perdagangan dan transportasi. Namun, juga menimbulkan berbagai tantangan2.

Jenis Batas Wilayah Indonesia

Batas wilayah Indonesia dibagi menjadi tiga jenis utama. Ini termasuk batas laut, darat, dan udara. Masing-masing jenis ini diatur berbeda menurut hukum internasional.

Batas Laut Teritorial, Landas Kontinen, dan Zona Ekonomi Eksklusif

Indonesia memiliki batas laut yang diakui secara internasional. Misalnya, batas laut teritorial hingga 12 mil laut. Juga, Indonesia punya landas kontinen dan zona ekonomi eksklusif yang mencapai 200 mil laut.

Batas Darat Sesuai Garis Bujur dan Lintang

Indonesia menetapkan batas darat dengan garis bujur dan lintang. Ini membatasi negara di utara, selatan, barat, dan timur.

Batas Udara Mengikuti Batas Kedaulatan Darat dan Laut

Batas udara Indonesia mengikuti batas kedaulatan di darat dan laut. Ini artinya, batas udara berkaitan erat dengan wilayah daratan dan laut negara.

Luas dan Letak Astronomis Indonesia

Indonesia adalah negara yang sangat luas. Luas wilayah Indonesia, termasuk daratan dan lautan, mencapai 5.193.250 km2.2 Dengan banyaknya 17.508 pulau di sekitar 3.273.810 km2 lautan, Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.2

Luas Wilayah Indonesia 5.193.250 km2

Letak Indonesia sangat strategis. Ia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.2 Secara persis, koordinat letaknya adalah di antara 6 derajat Lintang Utara hingga 11 derajat Lintang Selatan, serta 95 derajat Bujur Timur hingga 141 derajat Bujur Timur.4

Letak Astronomis Indonesia di 6°LU – 11°LS dan 95°BT – 141°BT

Pulau We di Nanggroe Aceh Darussalam adalah tempat terutara di Indonesia. Ia berada di 6 derajat 08′ Lintang Utara. Sedangkan Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, adalah titik terujung selatan dengan koordinat 11 derajat 15′ Lintang Selatan.4 Di sisi barat, Pulau Beureuh di Nanggroe Aceh Darussalam adalah titik terjauh dengan 95 derajat 45′ Bujur Timur. Sementara di sebelah timur, Sungai Fly, Kota Merauke, Papua, adalah titik paling timur di 141 derajat 05′ Bujur Timur.4

Kesimpulan

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dengan ratusan pulau. Luasnya mencapai 5.193.250 km² dan 17.508 pulau teridentifikasi2. Kawasan maritimnya mengambil sekitar 2/3 dari keseluruhan. Berada di tengah-tengah Asia dan Australia, terkenal dengan keindahan samudranya2.

Wilayah utaranya bersebelahan dengan negara seperti Malaysia dan Filipina2. Di sebelah barat ada Samudera Hindia, dan di timur dengan Papua Nugini2. Ini menunjukkan keberagaman perbatasan Indonesia2.

Indonesia juga punya kesepakatan batas laut dengan beberapa negara tetangga5. Keunikan geografinya memberi pengaruh besar di perdagangan dunia2. Sebagai negara kepulauan, perannya sangat vital baik di regional maupun internasional.

FAQ

Apa saja negara yang berbatasan dengan Indonesia di bagian utara?

Indonesia berbatasan dengan negara berikut di utara:– Malaysia, di Pulau Kalimantan– Laut Cina Selatan– Laut Sulawesi– Selat Malaka– Singapura, di Selat Malaka dan Selat Batam– Thailand, di Laut Andaman dan Selat Malaka– Vietnam, di Laut Cina Selatan– Filipina, di Laut Cina Selatan dan Laut Sulawesi

Bagaimana letak geografis Indonesia?

Indonesia adalah negara kepulauan di antara Asia dan Australia. Ia dikelilingi Samudra Hindia dan Pasifik. Indonesia memiliki koordinat 6°LU – 11°LS dan 95°BT – 141°BT, dengan iklim tropis.

Apa saja batas wilayah Indonesia di bagian utara?

Batas wilayah utara Indonesia adalah:– Dengan Malaysia di Pulau Kalimantan– Dengan Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, dan Selat Malaka– Dengan Singapura di Selat Malaka dan Selat Batam– Dengan Thailand di Laut Andaman dan Selat Malaka– Dengan Vietnam di Laut Cina Selatan– Dengan Filipina di Laut Cina Selatan dan Laut Sulawesi

Bagaimana batas wilayah Indonesia di bagian barat?

Batas barat Indonesia adalah Samudra Hindia. Indonesia dan India berbagi wilayah di sekitar Samudra Hindia dan Laut Andaman. Misalnya, Pulau Ronde di Aceh dan Pulau Nicobar di India.

Bagaimana batas wilayah Indonesia di bagian timur?

Batas timur Indonesia adalah:– Dengan daratan Papua Nugini– Provinsi Papua berbatasan dengan Papua Nugini di barat– Dengan perairan Samudra Pasifik

Bagaimana batas wilayah Indonesia di bagian selatan?

Batas selatan Indonesia adalah:– Dengan Timor Leste– Dengan Samudera Hindia

Apa saja jenis batas wilayah Indonesia?

Batas wilayah Indonesia dibagi jadi tiga:1. Batas Laut:– Batas Laut Teritorial: 12 mil laut dari garis dasar– Batas Landas Kontinen: 200 mil laut dari garis dasar– Batas Zona Ekonomi Eksklusif: 200 mil laut dari garis dasar2. Batas Darat:– Batas darat di utara, selatan, barat, dan timur Indonesia3. Batas Udara:– Mengikuti batas kedaulatan di darat dan laut, menurut hukum internasional

Berapa luas dan letak astronomis Indonesia?

Indonesia memiliki luas 8,3 juta km2. Koordinatnya adalah 6°LU – 11°LS dan 95°BT – 141°BT.

Link Sumber

  1. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6504804/lengkap-batas-batas-wilayah-negara-indonesia
  2. https://gramedia.com/literasi/batas-wilayah-negara-indonesia/
  3. https://internasional.kompas.com/read/2022/08/08/220300070/batas-negara-indonesia-bagian-utara-selatan-barat-timur
  4. https://regional.kompas.com/read/2022/03/24/121029178/batas-wilayah-indonesia-astronomis-dan-geografis?page=all
  5. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5326548/batas-wilayah-laut-indonesia-dengan-negara-lain-ini-penjelasannya