Prima Bali

logo prima bali

Diamond Beach Nusa Penida Bali

Diamond Beach Nusa Penida Bali

Diamond Beach Nusa Penida Bali
Foto: Diamond Beach Nusa Penida Bali (maps.google.com)

Diamond Beach merupakan Pantai Pasir putih yang berada di ujung timur Nusa Penida tepatnya di Banjar Pelilit, desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

Pulau kecil yang terpisah dari pulau Bali ini sangat tersohor karena keindahannya yang sangat mengagumkan. Terletak di sisi tenggara membuat salah satu destinasi yaitu Diamond Beach menjadi tempat yang tidak boleh terlewatkan. 

Diamond Beach, dinamai berdasarkan batu yang berbentuk mirip berlian runcing yang terdapat di pantai, sebuah pantai tebing yang benar-benar luar biasa di bagian timur pulau Nusa Penida.

Mengapa Disebut Diamond Beach?

Mengapa Disebut Diamond Beach?
Foto: Mengapa Disebut Diamond Beach? (maps.google.com/diamondbeach)

Diamond Beach memiliki pemandangan tebing karst yang berbentuk runcing seperti permata. Daya tarik pantai ini juga berasal dari gugusan birunya air laut serta pasir putih yang lembut.

Lokasinya sendiri berada di balik tebing bukit, tidak heran jika wisatawan juga mengenal pantai ini sebagai surga tersembunyi. Dulunya pantai ini hanya bisa dinikmati dari atas tebing. Hanya warga lokal saja yang bisa mencapai pantai untuk memulai rutinitas mereka, seperti memancing.

Kemudian pada tahun 2018 dibangunlah akses jalan agar pengunjung bisa lebih mudah untuk menuju ke bibir pantai. Akses jalan yang dibangun oleh warga setempat berupa tangga dari dinding tebing bukit dengan diberi batas tali tambang. Pengunjung harus lebih hati-hati saat menuruni jalan yang cukup curam selama kurang lebih 10-15 menit. 

Setidaknya juga harus menyiapkan tenaga dan stamina cukup fit menuju Diamond Beach. Tidak disarankan untuk anak kecil maupun orang tua lanjut usia menuruni tempat ini, terutama pengunjung yang memiliki fobia ketinggian.

Wisatawan juga dapat memanfaatkan tangga menuju pantai sebagai salah satu spot berfoto yang Instagenic dengan latar biru air laut dihiasi tebing batu yang mengagumkan.

Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk berkunjung ke Diamond Beach. Jika kamu datang sejak pagi, maka kamu akan memiliki waktu lebih lama untuk menikmati keindahan alam pantai.

Tips berkunjung ke Diamond Beach:

  • Bawa persediaan makanan dan minuman sendiri karena sekitar kawasan wisata belum tersedia warung makan.
  • Gunakan sandal yang nyaman karena wisatawan akan berjalan sedikit jauh dan pakailah sunblock agar kulit terlindungi. 
  • Bawalah payung dan pakailah baju yang menyerap keringat.

Daya Tarik Diamond Beach

1. Pantai Alami

Pantai Alami Diamond
Foto: Pantai Alami Diamond (maps.google.com)

Pantai di Nusa Penida memang banyak yang belum terjamah oleh manusia. Salah satu pantai andalannya adalah Diamond Beach. Pantai ini masih terasa sangat alami dengan warna air lautnya yang sangat biru dan indah. Terletak pada deretan pantai-pantai lainnya dan harus dikunjungi pada saat kamu berlibur ke Nusa Penida. 

2. Pasir Pantai Putih Bersih

Pasir Pantai Putih Bersih
Foto: Pasir Pantai Putih Bersih (maps.google.com)

Daya tarik kedua adalah pasir pantainya sangat putih dan bersih membuat para pengunjung semakin betah. Kamu bisa bermain di pantai dengan pasir ini bersama keluarga dan anak-anak sehingga suasana akan terasa sangat menyenangkan.

3. Dikelilingi Tebing Karst

Dikelilingi Tebing Karst
Foto: Dikelilingi Tebing Karst (maps.google.com)

Menariknya, pantai ini dikelilingi oleh tebing karst. Karst sendiri adalah bentuk dari permukaan bumi yang closed depression atau depresi tertutup, drainase permukaan, serta gua. Untuk pantai yang dikelilingi dengan tebing Karst ini akan terasa sangat alami. 

4. Batu Karst Menjulang Tinggi

Batu Karst Menjulang Tinggi
Foto: Batu Karst Menjulang Tinggi (maps.google.com)

Tebing batu Karst tersebut menjulang sangat tinggi bahkan bisa dijadikan sebagai spot foto yang sangat bagus. Akan tetapi, dikarenakan bebatuan tersebut cukup terjal dan curam maka untuk melakukan aktivitas tersebut harus penuh kehati-hatian dan mengutamakan keselamatan. 

5. Background Foto Bukit dan Pemandangan Luar Biasa Indah

Background Foto Bukit dan Pemandangan Luar Biasa Indah
Background Foto Foto: Bukit dan Pemandangan Luar Biasa Indah (maps.google.com)

Selain pemandangan tebing Karst, ternyata masih ada spot foto yang cukup memukau yaitu pemandangan bukit hijau yang jika dipadukan dengan tebing karst, laut, serta awan dan langit akan membuat hasil foto semakin menakjubkan. 

Mengunjungi Diamond Beach juga di kombinasi dengan aktivitas Snorkeling dengan melihat dan berenang bersama Pari Manta yang terkenal, layanan itu bisa di pesan: paket snorkeling nusa penida.

Untuk mengexplore Pulau Nusa Penida alangkah baiknya anda menginap di pulau yang indah ini, karena kamu akan merasakan suasanan heningnya malam di Nusa Penida yang kamu tidak temui di manan pun. Suasanan ini cocok untuk Bulan Madu atau pun merilekskan saraf otak dari kepenatan.

Rute Menuju Diamond Beach

Untuk menuju lokasi, kamu harus naik speedboat atau fast boat dahulu ke Pulau Nusa Penida. Kamu bisa berangkat dari dermaga Sanur ataupun Kusamba dan turun di dermaga Toyapakeh atau di pelabuhan Banjar Nyuh. Berikut ini adalah rute menuju Diamond Beach: 

1. Dari Toyapakeh

Kamu harus berkendara dengan sepeda motor atau mobil yang bisa kamu sewa untuk menuju ke Diamond Beach sekitar 60 menit dengan jarak 28 km menuju ke bagian timur pulau ini.

2. Dari pelabuhan Banjar Nyuh

Kamu akan menempuh jarak selama kurang lebih 45 menit menuju ke Diamond Beach dengan menyewa sepeda motor atau mobil.

Fasilitas di Diamond Beach

Saat mengunjungi pantai ini maka harus melihat apa saja fasilitas yang diberikan agar bisa memprediksi hal apa yang bisa dilakukan. Beberapa fasilitas menarik yang tak kalah bagus dan lengkap dari tempat wisata lain, yaitu:

  1. Pahatan tangga dari batu karang putih yang dapat dijadikan spot foto karena dihadapkan ke arah laut lepas Samudra Hindia. 
  2. Bukit yang menjulang tinggi sehingga bagus dijadikan background foto. 
  3. Terdapat ayunan yang bisa digunakan untuk memacu adrenalin karena terletak pada bibir tebing. 
  4. Dekat dengan tempat wisata lainnya seperti Atuh Beach. 
  5. Toilet dan pedagang makanan kecil. 

Jika melihat beberapa fasilitasnya maka bisa jadi wisata ini sebagai surga yang tersembunyi. Bukan hanya fasilitas umum yang diberikan namun juga beberapa fasilitas sebagai spot foto yang bagus. Parkir mobil cukup membayar Rp10.000 dan Rp5.000 untuk sepeda motor.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Diamond Beach kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp5.000 untuk turis lokal dan turis asing  sebesar Rp10.000.